KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) terus melakukan pengembangan pada superapp Wondr untuk semakin memudahkan nasabah dalam memenuhi beragam kebutuhannya, Dengan fitur tiga dimensi keuanga, yakni insight, transaksi, dan growth, nasabah dapat menikmati layanan perbankan yang lebih komprehensif dan modern. Per September 2024, jumlah pengguna Wondr sudah mencapai 17,9 juta, meningkat 14,8% secara tahunan atau year on year (YoY). Adapun transaksinya sudah mencapai 1,04 miliar transaksi atau naik 40,9%, dengan nilai transaksi yang meningkat 26,2% YoY menjadi Rp1.104 triliun.
Wakil Direktur Utama BNI Putrama Wahju Setyawan menjelaskan, hal ini menunjukkan bahwa solusi perbankan digital BNI dapat memenuhi berbagai kebutuhan nasabah dengan baik. "Meski baru berjalan kurang dari tiga bulan, wondr by BNI sudah menunjukkan pertumbuhan yang menarik. Sebanyak 70% dari nasabah tabungan BNI dikontribusikan oleh nasabah pengguna wondr by BNI. Pengguna aktif yang melakukan transaksi di platform ini mencapai 50%," kata dia, belum lama ini.
Baca Juga: Tren Positif, BRI Bidik Pendapatan Recovery Asset Tumbuh 10%-15% Sementara itu, Analis NH Korindo Sekuritas Indonesia Leonardo Lijuwardi menyebutkan, wondr by BNI merupakan platform yang holistik dan mampu memenuhi kebutuhan keuangan nasabah yang semakin beragam. “Ini terbukti dari jumlah unduhan dan pertumbuhan nasabah baru yang mencapai lebih dari 200 ribu per bulan. Artinya, nasabah sadar dan merasa platform ini relevan sehingga memilih untuk menggunakannya,” jelas Leonardo, Selasa (19/11). Dia menambahkan, posisi BNI semakin kuat berkat pendekatan inovatif yang relevan dengan kebutuhan nasabah saat ini. Didukung oleh basis nasabah yang besar, kehadiran wondr by BNI memberikan kemudahan dan kenyamanan yang mampu meningkatkan loyalitas nasabah (customer stickiness). “Hal ini memperkuat posisi BNI di pasar sebagai salah satu pemain utama dalam transaksi mobile dan digital banking. Ke depannya, wondr by BNI dapat menjadi pendorong funding growth serta memperkuat CASA franchise BNI,” ujar Leonardo.
Baca Juga: BUMN Bank BNI Buka Lowongan Kerja Terbaru 2024, Ini Kriteria yang Dibutuhkan Fitur 3 Dimensi Keuangan tersebut mencerminkan konsep masa lalu, masa kini, dan masa depan. Misalnya melalui Insight, nasabah dapat memantau sekaligus menganalisis keuangan mereka sebelumnya melalui tampilan rekap keuangan yang lengkap setiap harinya. Dimensi ini memungkinkan masyarakat untuk melakukan pengelolaan keuangan yang lebih optimal berdasarkan data historis serta membantu memahami kondisi keuangan saat ini dan bagaimana pengelolaan yang tepat. Salah satu langkah untuk mencapai kesehatan keuangan adalah dengan cara melakukan budgeting bulanan. Fitur insight ini tentunya akan memudahkan nasabah dalam melakukan pengecekan keuangan. Tujuannya untuk mengetahui spending bulanan, agar bisa melacak arus kas setiap bulannya. Kemudian melalui Transaksi, mendukung kebutuhan keuangan real-time nasabah dengan fitur seperti transfer domestik, pembayaran tagihan, dan pengaturan jadwal transfer. Semua transaksi tersebut dapat dilakukan hanya dalam tiga langkah sederhana, memudahkan nasabah dalam pengelolaan transaksi harian.
Lalu dimensi Growth yang fokus pada perencanaan masa depan dengan menyediakan berbagai pilihan produk finansial yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Misalnya investasi dan tabungan, memberikan nasabah kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara finansial sesuai kebutuhan mereka.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Dina Hutauruk