BNI Sekuritas Jadi Lead Transaction Advisor dalam Kemitraan Jasamarga Transjawa Tol



KONTAN.CO.ID - PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) berperan aktif sebagai Lead Transaction Advisor dalam transaksi pendanaan berbasis ekuitas PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Jasa Marga). Transaksi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pendanaan ekuitas Jasa Marga dalam pengembangan jalan tol kedepannya, serta untuk mengoptimalkan nilai aset PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), anak perusahaan Jasa Marga yang mengelola Jalan Tol Trans Jawa.

Pada 27 September 2024 lalu, Jasa Marga, PT Metro Pacific Tollways Indonesia Services (MPTIS) Warrington Investment Pte. Ltd. (Warrington) dan PT Margautama Nusantara (MUN) secara resmi membentuk kemitraan strategis melalui penandatanganan akta jual beli saham atau Sales Purchase Agreement (SPA) sebesar 35% saham JTT dengan nilai setara Rp15,75 triliun (termasuk didalamnya nilai penerbitan saham baru).

Penandatanganan ini mempertegas komitmen investasi di sektor infrastruktur jalan tol, yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Transaksi ini diperkirakan menjadi salah satu aksi korporasi terbesar di Indonesia pada tahun 2024. Jalan Tol Trans Jawa, sebagai jalur strategis dengan peran vital bagi masyarakat, diharapkan semakin meningkatkan nilainya dengan kehadiran mitra strategis. Langkah ini juga akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi para pengguna jalan.


Plt. Direktur Utama BNI Sekuritas, Vera Ongyono, menegaskan bahwa kepercayaan yang diberikan oleh Jasa Marga ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk memberikan solusi serta eksekusi transaksi keuangan yang berkualitas dan terbaik.

“Melalui proses analisis yang mendalam dan komprehensif, kami meyakini bahwa keberhasilan transaksi ini mencerminkan komitmen serta strategi jangka panjang Investment Banking BNI Sekuritas dalam mendukung pertumbuhan berkelanjutan dan keberlanjutan bisnis klien. Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan memberikan manfaat signifikan bagi seluruh pihak yang terlibat, sekaligus memperkuat posisi Jasa Marga di pasar," jelas Vera.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2024 Investment Banking BNI Sekuritas telah meraih sejumlah penghargaan bergengsi di ajang internasional. Di antaranya, BNI Sekuritas dianugerahi penghargaan The Asset Triple A Sustainable Infrastructure Awards 2024 untuk kategori Renewable Energy Deal of the Year dan The Asset Triple A Sustainable Finance Awards 2024 untuk kategori Best Green Bond - Financial Institution. Selain itu, BNI Sekuritas juga berhasil memenangkan dua penghargaan di Asian Banking & Finance Corporate & Investment Banking Awards 2024, untuk kategori Equity Deal of the Year - Indonesia dan Mergers and Acquisitions Deal of the Year – Indonesia.

Yang terbaru pada bulan September lalu, BNI Sekuritas juga mendapatkan dua penghargaan dari Euromoney Securities Houses Awards 2024 untuk kategori Best for Large Cap in Indonesia dan Best for Research in Indonesia.

Mengenai BNI Sekuritas

PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) adalah perusahaan anak PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang didirikan sejak tahun 1995. Saat ini BNI memiliki 75% kepemilikan saham pada BNI Sekuritas dan 25% sahamnya juga dimiliki oleh SBI Financial Services. Ltd. Sebagai perusahaan yang telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BNI Sekuritas memiliki izin sebagai penyedia jasa penjamin emisi efek, perantara pedagang efek, serta agen penjual reksadana.

Pada Agustus 2024, BNI Sekuritas memiliki nilai transaksi saham sebesar Rp 11.4 triliun dan memiliki 17 cabang yang tersebar di Indonesia.

Baca Juga: BNI Sekuritas Gelar CSR yang Menyasar Tiga Elemen Penting, Dukung Net Zero Emission

Selanjutnya: MAKI Somasi Jokowi Soal Capim dan Dewas KPK, Istana Angkat Bicara

Menarik Dibaca: Kenapa Setiap Orang Dilarang Merokok di Pesawat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti