BNI Siap Go Global Melalui Turnamen Golf Indonesian Masters 2024



KONTAN.CO.ID -  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI kembali mendukung salah satu turnamen golf besar nasional, Indonesian Masters, untuk kedelapan kalinya secara beruntun sejak 2016. Pada tahun 2024 ini, turnamen internasional tersebut berlokasi di Royale Jakarta Golf Club pada 31 Oktober - 3 November 2024.

BNI Indonesian Masters 2024 tetap menjadi bagian dari International Series dengan total hadiah senilai US$2 juta atau naik sebesar US$500 ribu dari kompetisi tahun sebelumnya. Nilai hadiah tersebut turut menahbiskan BNI Indonesia Masters 2024 menjadi turnamen golf dengan hadiah tertinggi di Indonesia. Selain itu, turnamen yang mulai bergulir pada tahun 2011 ini menjadi puncak rangkaian tiga perhelatan International Series sepanjang Oktober ini.

Berkolaborasi dengan LIV Golf Investment, International Series telah menjadi ajang prestisius Asian Tour sejak tahun 2022 lalu. Berlabel marque event dari Asian Tour, semua perhelatan International Series nantinya akan dihadiri dan diikuti oleh para pegolf terbaik maupun elite Asia dan juga dunia.


Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan BNI Indonesian Masters 2024 dapat menjadi wadah pegolf lokal untuk bersaing dengan para pemain internasional. Keikutsertaan BNI dalam turnamen berskala internasional ini juga bertujuan untuk memperkuat branding Go Global BNI. Terlebih, banyak mitra, dan investor lokal, hingga internasional yang gemar menyaksikan olahraga bergengsi ini. BNI pun sudah mendukung gelaran Indonesian Masters sejak tahun 2016.

“Ini merupakan salah satu bentuk dukungan BNI terhadap perkembangan olahraga di Indonesia, khususnya golf. Dengan dukungan ini, BNI dapat menjadi proaktif mendorong branding sekaligus pembukaan potensi-potensi bisnis global baru termasuk melalui ajang BNI Indonesian Masters ini,” ujar Okki.

Seperti diketahui, Indonesian Masters digemari kelas atas dari segmen korporasi dan komersial yang juga merupakan target market BNI. Okki yakin, melalui turnamen ini BNI mampu membuka peluang untuk menjaring klien potensial baru serta membina hubungan yang lebih kuat dengan klien dan pemangku kepentingan. Selain itu, ajang BNI Indonesian Masters 2024 dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan produk-produk wholesale BNI kepada nasabah-nasabah korporat yang mayoritas merupakan para pecinta olahraga Golf.

“Kami juga memandang turnamen ini sebagai langkah yang tepat untuk terhubung dengan segmen prioritas melalui BNI Emerald,” tambah Okki.

Presiden Direktur Royale Jakarta Golf Club Hendro Sutandi mengatakan Royale Jakarta Golf Club kembali menjadi lokasi kompetisi BNI Indonesian Masters untuk ke-12 kali. Royale Jakarta Golf Club menjadi satu-satunya lapangan golf di Indonesia yang mampu menjadi tuan rumah pergelaran golf internasional yang memiliki 27 hole karya Bob Moore dan JMP Golf Design untuk memberikan ujian menantang bagi para tamu nasional dan internasional.

“Sejak debut Indonesian Masters pada tahun 2011, Royale Jakarta Golf Club selalu menjadi tempat penyelenggaraan yang terpercaya. BNI Indonesian Masters adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang di Royale Jakarta, baik member maupun staf. Menyambut begitu banyak pemain kelas dunia dan menjadi sorotan internasional melalui siaran televisi global adalah kesempatan dan privilege luar biasa yang sangat kami apresiasi setinggi-tingginya,” kata Hendro

Tercatat tahun ini terdapat 10 turnamen International Series dalam kalender Asian Tour. Empat event sebelumya telah berlangsung di Oman, Makau, Maroko, dan Inggris. Menjelang pergelaran BNI Indonesian Masters di akhir Oktober nanti, International Series akan berlangsung di Thailand dalam dua pekan sebelumnya berturut-turut pada bulan Oktober nanti. Oleh karena itu, BNI Indonesian Masters bakal menjadi puncak rangkaian tiga International Series sepanjang Oktober tersebut.

Commissioner & CEO, Asian Tour Cho Minn Thant menyampaikan, BNI Indonesian Masters telah menjadi turnamen yang konsisten, populer dan selalu ada selama lebih dari satu dekade. I Ia pun mengaku senang melihat perkembangan yang turnamen yang semakin profesional dan kompetitif.

“Kami berterima kasih kepada BNI, International Series, dan Royale Jakarta Golf Club atas komitmen kuat mereka dalam membuat event ini menjadi sukses besar, yang memastikan acara ini memainkan peran penting dalam membantu memberikan kontribusi pada akhir yang menarik di musim ini,” tutur Cho.

Sarit Suwannarut dari Thailand menjadi juara BNI Indonesian Masters dalam debut event tersebut di International Series pada tahun 2022. Tahun lalu, Gaganjeet Bhullar (India) berhasil menyabet trofi BNI Indonesia Masters.

Senada dengan Cho, Kepala International Series Rahul Singh menuturkan, BNI Indonesian Masters merupakan salah satu jadwal penting dalam kalender The International Series. Dua edisi terakhir telah memainkan peran besar yang menentukan persaingan peringkat (International Series) akhir musim karena turnamen musim ini tidak akan berbeda dari sebelumnya.

“Penting bagi kami untuk terus membawa International Series ke pasar golf tradisional Asia serta wilayah baru yang kami jajaki. Kompetisi di International Series menawarkan kesempatan untuk berbagai tingkatan: jalur langsung ke LIV Golf League, poin Official World Golf Ranking (peringkat resmi golf dunia), dan kesempatan yang luar biasa bagi para pegolf lokal untuk berkompetisi dengan para pegolf terbaik dunia,” ucap Rahul.

Sebagai informasi, mantan pegolf No. 1 Dunia Lee Westwood (Inggris) menjadi pemenang Indonesian Masters terbanyak dengan raihan gelar juara tiga kali pada tahun 2011, 2012, dan 2015, kemudian dibuntuti oleh Poom Saksansin (THA) merupakan juara Indonesian Masters terbanyak kedua dengan 2 gelar (tahun 2016 dan 2018).

Jazz Janewattananond asal Thailand pun mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan di Jakarta ketika berhasil meraih gelar Asian Tour Order of Merit 2019 setelah menjuarai Indonesian Masters 2019. Selain Westwood, Poom, Jazz, Sarit, dan Bhullar, para pegolf lain yang pernah menjuarai turnamen Indonesian Masters adalah Bernd Wiesberger dari Austria (2013), Anirban Lahiri dari India (2014), serta mantan pegolf No. 1 Dunia dan juara US Open 2013 Justin Rose (2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal