BNI Terus Perkuat Implementasi ESG



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) teru berkomitmen untuk terus mengimplementasikan konsep Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam setiap aspek bisnisnya. Bank pelat merah ini telah menetapkan target Net Zero Emission (NZE) aktivitas operasionalnya pada 2028 dan pembiayaan pada tahun 2060. 

Direktur Manajemen Risiko BNI David Pirzada mengatakan, pihaknya memiliki perhatian khusus untuk mendorong debitur menuju penerapan ESG, khususnya proses transisi menuju aktivitas usaha yang lebih hijau. 

Untuk itu, BNI menyalurkan Sustainability Linked Loan (SLL) kepada debitur yang memiliki target sustainability sesuai dengan tujuan SDGs termasuk di dalamnya transisi energi debitur. Kredit tersebut merupakan bagian dari kredit ESG BNI. 


"Dengan menerapkan prinsip-prinsip ESG, BNI tidak hanya memperkuat tata kelola perusahaan yang baik, tetapi juga ikut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan ramah lingkungan di Indonesia," kata David dalam keterangan resminya, Jumat (20/9).

Baca Juga: BRI Insurance Bersama BRI Bayar Klaim kepada Pedagang Pasar Kutoarjo

Tahun ini, BNI menargetkan portofolio ESG bisa mencapai Rp 71,27 triliun. Per Juni 2024, BNI telah menyalurkan kredit sebesar Rp 69,4 triliun untuk mendukung proyek-proyek hijau, tumbuh  2,27% secara year to date (Ytd). 

Rinciannya, sebesar Rp 10,8 triliun disalurkan ke sektor Energi Terbarukan sebesar Rp 10,8 triliun, lalu ke pengelolaan Sumber Daya Alam Hayati dan Penggunaan Lahan yang Berkelanjutan sebesar Rp 29,4 triliun, dan transportasi ramah lingkungan Rp 3,9 triliun. 

Di sisi operasional perusahaan, BNI melakukan usaha-usaha perbaikan dalam pengelolaan limbah menuju penerapan pengelolaan limbah dengan prinsip zero waste to landfill, termasuk program untuk menumbuhkan green lifestyle dalam budaya perusahaan. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi BNI dalam menekan emisi yang berasal dari limbah. 

Atas konsistensinya dalam menerapkan ESG, BNI meraih penghargaan kategori Sustainability Reporting dalam ajang Anugerah ESG 2024.  Penghargaan tersebut diraih atas transparansi dan komitmen BNI dalam menyusun laporan keberlanjutan yang mendetail, akurat, dan sesuai dengan standar internasional.

Baca Juga: UOB Indonesia Siapkan Dana Rp 511,56 Miliar Untuk Bayar Bunga Obligasi

David berharap pencapaian ini dapat menginspirasi perusahaan lain di Indonesia untuk lebih giat dalam menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam bisnis mereka. “Kami berharap semakin banyak perusahaan yang tergerak untuk menerapkan ESG guna menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan," ujarnya. 

Dengan penghargaan ini, BNI kembali membuktikan posisinya sebagai salah satu bank milik negara yang berkomitmen pada penerapan tata kelola perusahaan yang baik, serta terus berupaya meningkatkan kontribusinya dalam aspek lingkungan dan sosial.

Selanjutnya: Arutmin Berkomitmen untuk Menjaga Lingkungan di Sekitar Area Operasi Tambang

Menarik Dibaca: Promo Indomaret Minyak Murah Periode 19-25 September 2024, Ada Ekstra Diskon Rp 5.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk
TAG: