BNI Tingkatkan Ketersediaan Uang Tunai untuk Antisipasi Permintaan Lebaran



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Indonesia (Persero) Tbk (Bank BNI) dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat di Lebaran tahun ini sediakan uang tunai sebesar Rp 26,6 triliun. 

“Untuk memenuhi kebutuhan dan lebaran, BNI menyediakan Uang Tunai Rp. 26,6 Triliun yang mana jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya, di satu sisi transaksi digital di BNI juga terus meningkat.” ujar Direktur Layanan dan Jaringan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), Ronny Venir kepada Kontan, Jumat (5/4).

Bukan hanya mempersiapkan diri untuk menghadapi lonjakan transaksi dalam bentuk uang tunai, Ronny juga menyebut pada Ramadan ini BNI memproyeksikan bahwa transaksi keuangan digital juga akan meningkat lagi ketimbang Ramadan tahun lalu.


Baca Juga: BNI Akan Genjot Ekpansi Kredit Valas

Menurutnya, secara total transaksi digital di BNI tahun 2023 kemarin tumbuh lebih dari 24%, utamanya transaksi BNI Mobile Banking.

“Pada periode ramadan dan lebaran tahun 2023 jumlah transaksi digital di BNI meningkat lebih dari 36% secara year on year sehingga di proyeksikan pada momen ramadan dan lebaran tahun ini akan meningkat lebih tinggi.” kata Ronny.

Ronny menambahkan, pertumbuhan ini didorong oleh 3 faktor utama yakni demografi penduduk di Indonesia yang saat ini didominasi oleh usia produksi, infrastruktur teknologi yang semakin matang hingga dukungan pemerintah serta regulator terhadap sistem digtial perbankan yang semakin mengeluarkan prospek ekonomi digital di tengah masyarakat.

Ronny menambahkan, tidak asing rasanya jika momen Ramadan dan Lebaran setiap tahunnya menjadi momen bagi masyarakat untuk berbelanja, mudik, hingga melakukan aktivitas konsumtif lain sehingga transaksi berbasis layanan digital seperti QRIS, Mobile Banking, BI Fast, Tap Cash maupun kartu debit pasti akan melonjak juga kinerjanya.

 
BBNI Chart by TradingView

Di sisi lain, digitalisasi berdampak signifikan terhadap transaksi konvensional, di BNI sendiri proporsi jumlah transaksi yang dilakukan di Outlet semakin berkurang dibandingkan transaksi digital.

“Oleh karenanya edukasi terhadap Nasabah dalam shifting transaction to digital terus dilakukan, transformasi Outlet berbasis digital secara bertahap diimplementasikan.” tambah Ronny.

Sebagai penutup, dirinya menyebut berbagai program dan promosi diberikan oleh BNI kepada nasabah untuk menjawab kebutuhan transaksi secara digital yang dapat dilakukan kapan saja, dan dimana saja secara nyaman pada momen bulan suci tahun 2024 ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .