BNP Paribas AM dan Citi Indonesia resmikan program pemberdayaan ekonomi perempuan



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM) bagian dari BNP Paribas Group bersama dengan Citibank N.A.,Indonesia (Citi Indonesia) meresmikan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda melalui Program Pengembangan Produk Lokal Unggulan.

Program ini meliputi rangkaian pelatihan yang dilakukan secara daring bertemakan literasi keuangan dan kewirausahaan bagi kelompok perempuan muda Indonesia. 

Program pengembangan komunitas ini merupakan inisiatif yang disusun bersama dengan lembaga terpilih, Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) dan sepenuhnya dibiayai melalui hasil dana sosial reksa dana indeks BNP Paribas IDX 30 Filantropi.

Dalam peluncuran yang dilakukan melalui kegiatan webinar tersebut, sebanyak 60 pengusaha muda perempuan berpartisipasi dan mendapatkan pengenalan produk perbankan dan investasi, perencanaan pengelolaan keuangan serta wadah manajemen keuangan secara digital.

Program ini merupakah salah bentuk bentuk nyata dari penyaluran dana sosial yang dilakukan PT. BNP Paribas AM melalui salah satu Reksa Dana yang dikelolanya, Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi (BNP Paribas IDX30 Filantropi) yang bertemakan Socially Responsible Investment (SRI). 

Dengan Program tersebut, BNP Paribas AM dan Citi Indonesia berpartipasi dalam meningkatkan literasi keuangan serta kemampuan wirausaha para perempuan muda Indonesia.

Harapannya, dapat menjadi bekal bagi para perempuan muda Indonesia tersebut untuk dapat tetap bertahan dan memenuhi kebutuhan keluarga meski di tengah masa pandemi.

Saat ini, Program ini berfokus pada peningkatan kemampuan dan daya saing produk lokal yang dikembangkan oleh pengusaha perempuan di 4 (empat) wilayah di Indonesia, meliputi Aceh, Banten, Pontianak, dan DKI Jakarta. Bersama dengan PPSW, program ini akan berjalan kurang lebih selama 6 (enam) bulan. 

Peserta yang terpilih berkesempatan untuk meningkatkan kompetensi pada bidang online marketing, manajemen bisnis, hingga desain kemasan produk. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia turut memberikan pelatihan secara daring dengan membawakan modul terkait literasi dan perencanaan keuangan.

Membantu ekonomi masyarakat

Maya Kamdani, Direktur BNP Paribas AM menjelaskan, di masa yang sulit seperti ini, kesejahteraan ekonomi menjadi hal yang krusial, dan kami ingin mendorong perempuan untuk lebih produktif dan mengoptimalkan kemampuan serta sumber daya yang mereka miliki untuk membantu menopang keluarga. 

BNP Paribas AM, kata Maya, ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa melalui produk investasi bertema SRI, perseroan bisa ikut andil memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat, terutama di masa pandemi ketika stabilitas ekonomi membutuhkan aksi kolaboratif. 

"Ini bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa berinvestasi pada produk bertema SRI dapat menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian dalam jangka panjang,” kata Maya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (14/9).

Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia menambahkan, di setiap tantangan pasti terdapat peluang. "Produk reksadana ini menjadi salah satu dari upaya Citi Indonesia yang terintegrasi untuk memberikan dampak positif dan berarti bagi komunitas di lingkungan sekitar dimana kami beroperasi," katanya.

Hal itu, lanjut Puni, sejalan dengan prinsip Cti Indonesia yang diinisiasi secara global, yaitu memberikan kesempatan ekonomi lebih baik untuk generasi muda. "Karena kami percaya bahwa generasi muda adalah harapan dan penggerak roda perekonomian bangsa," imbuh Puni.

Fitriani Sunarto, Sekretaris Eksekutif Asosiasi PPSW menambahkan, generasi perempuan muda adalah yang paling adaptif terhadap perubahan. Program Pemberdayaan Perempuan Muda ini berpotensi untuk mendorong perubahan dari pola hidup konsumtif menjadi produktif, yang lebih bermanfaat terutama dalam masa pandemi seperti saat ini. 

"Untuk itu kami sangat berterimakasih kepada BNP Paribas AM dan Citi Indonesia yang telah mempercayakan kami sebagai mitra dalam menyalurkan dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi," ujar Fitriani.

Penyaluran dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi senilai Rp 250 juta telah dialokasikan khusus untuk pemberdayaan perempuan muda Indonesia melalui program ini.

Komitmen ini bertujuan untuk membantu mengatasi kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh kelompok berpenghasilan rendah, di mana perempuan memiliki peran yang signifikan sebagaimana hasil temuan UNFPA dan UN Women (2020)* bahwa 64% dari total pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia adalah perempuan.

Sejak diluncurkan secara eksklusif bersama PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia, ini merupakan penyaluran dana sosial ketiga dari BNP Paribas IDX30 Filantropi. Sebelumnya pada Mei 2020, dana sosial telah tersalurkan melalui Palang Merah Indonesia dan UNICEF Indonesia untuk bantuan darurat Pandemi COVID-19 di Indonesia.

Selanjutnya: BNP Paribas AM dan Citibank dukung penanganan Covid-19 melalui reksadana SRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan