BofA: Harga Properti di Dubai Sudah Mencapai Dasarnya



DUBAI. Pasar properti Dubai semakin meredup. Bank of America (BofA) bahkan mengatakan harga properti Dubai sudah mencapai dasarnya karena telah turun sejak kuartal keempat 2008.

"Disamping kerusakan struktural dan kelebihan pasok, kami melihat aset-aset properti utama dan properti ritel sudah mencapai dasarnya," kata Analis BofA Karthik Sankaran dan Abdelrali El Jattari dalam suratnya kepada para investor, Senin (17/5).

Kedua analis itu memprediksi, harga properti residensial di Dubai bakal turun rata-rata 15% sepanjang tahun 2010 ini. Penurunan ini merupakan dampak lanjutan dari penurunan tajam yang terjadi sejak harga properti Dubai mencapai puncaknya pada kuartal ketiga 2008 silam. Sejak saat itu, harga properti di Dubai secara akumulatif sudah anjlok sebesar 45%.


Sankaran memperkirakan, ada sekitar 44.000 unit properti yang kosong pada tahun 2010. Bahkan, jika para penduduk Abu Dhabi dan Sharjah pindah ke Dubai pun tidak akan banyak menolong, tetap masih banyak properti yang tidak bisa terserap oleh pasar.

Editor: Test Test