Bolehkah Makan Pisang Setiap Hari? Ini 7 Efek yang Akan Dirasakan Tubuh Anda



MOMSMONEY.ID - Bolehkah kita makan pisang setiap hari? Apa saja efek yang akan tubuh rasakan apabila mengonsumsi buah tropis ini?

Pisang termasuk salah satu jenis makanan super yang kaya akan manfaat. Rasanya yang manis bikin semua orang jadi suka makan pisang.

Namun, apakah boleh makan pisang setiap hari? Apa efeknya untuk tubuh? Apakah akan timbul efek negatif dalam tubuh? Coba kita simak bersama-sama.


Baca Juga: 5 Vitamin yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Berbahaya Bagi Tubuh

Jantung jadi sehat

Tahukah Anda, kadar potassium yang tinggi bisa membantu menyehatkan jantung? Dan kadar potassium yang tinggi ada pada sumbernya, yakni pisang.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Alabama Birmingham menemukan adanya penurunan tingkat kekakuan aorta dengan pola maka kaya kalium. Ini mengonfirmasi efek positif potassium pada fungsi jantung.

Menurut WHO, saat ini orang lebih banyak makan garam & kekurangan potassium. Dengan makan pisang setiap hari, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

Baca Juga: Konsumsi Rutin, Ini 5 Minuman Detoks yang Bikin Lemak Perut Hancur

Tekanan darah stabil

Pisang dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang dikenal sebagai penyebab serangan jantung, stroke, dan komplikasi lainnya.

Kalium, slaah satu kandungan utama pisang, dapat memabntu menurunkan tekanan darah dengan cara menyeimbangkan natrium. Ada pula Magnesium yang berperan turunkan tekanan darah.

Baca Juga: Sering Dianggap Baik, Waspadai Ternyata 6 Suplemen Ini Berbahaya Bagi Tubuh

Berat badan akan turun

Jika Anda mencoba untuk makan pisang setiap hari, maka perlahan-lahan berat badanmu akan turun dengan cara yang sehat.

“Pisang dapat mendukung penurunan berat badan yang sehat bisa dikombinasikan secara tepat bersama protein, serat, dan lemak sehat,” ujar Allison Thibault, seorang ahli diet yang dikutip melalui Parade.com.

Pisang mengandung pati resisten yang tinggi, mendukung gula darah yang sehat & mencegah lonjakan maupun penurunan energi yang sebabkan makan berlebih & penyimpanan lemak.

Baca Juga: 7 Jenis Alergi Makanan yang Paling Umum di Dunia, dari Telur hingga Udang

Antioksidan dalam tubuh meningkat

Di antara jenis buah lainnya, pisang cukup kaya akan antioksidan. Jika Anda berusaha rutin makan pisang setiap hari, Anda akan mendapatkan banyak manfaat mulai dari kulit yang sehat, hingga mencegah radiasi penyebab kanker.

Penelitian yang diterbitkan Food Science & Nutrition dalam MSN.com mengeksplor sifat antioksidan & potensi antikanker dari daging pisang. Hasilnya menunjukkan bahwa kkomponen utama kulit pisang memberikan kualitas antioksidan eksponensial pada buah pisang.

Baca Juga: Bisa Dibeli di Pasar, Ketahui 9 Jenis Sayuran Murah Penurun Kolesterol Jahat

Meningkatkan kualitas tidur

Para ahli diet disertai bukti ilmiah menunjukkan bahwa makan pisang di malam hari membantu meningkatkan kualitas tidur. Sebab magnesium & triptofan dalam pisang membantu mengendurkan otot.

“Magnesium membantu mengendurkan otot, yang berarti tidur lebih nyenyak,” kata Dr Christine Bishara.

Para wanita yang kerap mengalami tegang otot seperti krama tau pegal-pegal, ini disebabkan karena kekurangan magnesium. Penting untuk makan pisang setiap hari beberapa jam sebelum tidur agar mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baca Juga: Mengenal Diabetes Tipe 2 dan Cara Pencegahannya Sejak Usia Dini

Bikin mood bahagia

Makan pisang setiap hari bisa bantu mood Anda jadi lebih bahagia, karena tubuh akan memproduksi lebih banyak serotonin & dopamin.

Pisang kaya akan triptofan yang merupakan bentuk sintetis dari serotonin. Dalam penelitian pada Archives of Psychiatric Nursing dijelaskan bahwa meski tubuh tak bisa membuat triptofan.

Tapi, cara ini dapat membantu meningkatkan laju produksi serotonin. Artinya, makan pisang setiap hari mendorong tubuh lebih banyak serotonin.

Pisang juga mengandung vitamin B6 yang tinggi, dan menurut Healthline, dapat membantu konversi triptofan menjadi serotonin

Baca Juga: 6 Makanan yang Mengandung Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk

Bikin otak cerdas

Makan pisang setiap hari akan mendukung fungsi otak jadi lebih cemerlang, itulah mengapa pisang disebut sebagai salah satu makanan super.

Kandungan vitamin B6 di dalamnya mampu meningkatkan mood, mengobati anemia, meringankan gejala PMS, hingga membantu meringankan penyakit Alzheimer.

Kalsium dalam pisang juga disebut-sebut memegang fungsi memoir yang jika dikonsumsi jangka panjang akan membuat otak cemerlang.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Makan Pisang Setiap Hari, Bolehkah?

Berapa Banyak Pisang yang Harus Dimakan?

Tidak ada aturan baku mengenai kapan dan harus berapa banyak makan pisang dalam sehari. Mengonsumsi 1-2 buah pisang setiap hari tak akan menimbulkan efek apapun.

Namun untuk orang yang memiliki penyakit ginjal kronis harus membatasi pisang & makanan tinggi potassium lainnya untuk mencegah kerusakan, dikutip dari Eating Well.

Terlalu banyak makan pisang / makanan tinggi kalium menyebabkan kelebihan kalium dalam tubuh yang disebut Hiperkalemia. Jadi, sebenarnya tak ada masalah jika Anda hanya makan 1-2 pisang setiap harinya.

Itu dia sederet efek yang akan terjadi pada tubuhmu jika Anda makan pisang setiap hari.

Selanjutnya: Devisa Hasil Ekspor dan Surplus Neraca Dagang Jadi Penopang Cadangan Devisa Mei 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti