Bos Hyundai Ungkap Fokus Utama Perusahaan dalam Mengarungi Tahun 2024



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Hyundai Motor Group memberi sambutan perdana tahun baru 2024 pada Rabu (3/1) di Kia AutoLand Gwangmyeong, pabrik khusus kendaraan listrik (EV) pertama di Korea, yang menjelaskan fokus-fokus utama Hyundai dalam setahun ke depan.

Mengusung tema ‘Together, a Valuable Start’, Euisun Chung, Executive Chair Hyundai Motor Group, bersama pimpinan lainnya berbagi pesan di tahun baru dan visi masa depan Hyundai.

Chung mengatakan, misi Hyundai tahun ini berpusat pada konsistensi dan keberlanjutan dengan terus memperkuat berbagai kapabilitas yang akan memungkinkan perusahaan untuk mengatasi tantangan dan mencapai kemajuan yang berkelanjutan.


Baca Juga: Bos Hyundai Yakin Tren Positif Pasar Mobil Listrik Berlanjut di Tahun 2024

Chung menekankan, perubahan yang konsisten dan pertumbuhan yang berkelanjutan adalah kata kunci dari keberhasilan Hyundai dalam menghadapi meningkatnya persaingan dan ketidakpastian global.

Fokus mengarungi 2024 dan tahun-tahun berikutnya, Chung mengatakan, pihaknya antusias dengan rangkaian inovasi di bidang elektrifikasi yang akan dimulai di AutoLand Gwangmyeong, pabrik khusus EV pertama milik Hyundai, dan kemudian diperluas ke Ulsan, Amerika Serikat, dan lebih banyak wilayah lagi.

Hyundai Motor Group akan menyelesaikan pembangunan kembali Kia AutoLand Gwangmyeong EV Plant pada Kuartal II-2023 yang nantinya akan memproduksi EV3, sebuah compact EV untuk pasar domestik dan internasional. Selanjutnya, Hyundai Motor Group Metaplant America (HMGMA), Kia AutoLand Hwaseong EV Plant, dan Hyundai Motor Ulsan EV Plant akan mulai beroperasi secara bertahap untuk memperkenalkan EV inovatif ke pasar global sejalan dengan strategi Hyundai secara keseluruhan untuk masuk ke tiga produsen EV global teratas pada 2030.

Mengacu pada kemampuan Hyundai dalam mengatasi berbagai krisis, Chung menekankan pentingnya karakter yang sehat bagi perusahaan.

Menurut Chung, kelemahan akan membuat seseorang tersandung, tetapi kekuatan memungkinkan setiap orang untuk menjaga keseimbangan, mencapai keberhasilan di tengah kemustahilan, dan jadi lebih kuat. "Perusahaan pun harus melakukan hal serupa dengan melakukan upaya berkelanjutan untuk memperkuat diri,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (3/1) malam.

Chung menguraikan pentingnya perubahan yang konsisten untuk alasan yang jelas bagi Hyundai, yakni para pelanggan. Ini mengingat perubahan yang konsisten adalah kunci dari inovasi. 

"Tindakan untuk keluar dari zona nyaman mungkin tampak meresahkan pada awalnya, namun ini adalah bukti bahwa perusahaan benar-benar bergerak ke arah yang tepat,” ucap Chung.

Chung pun menekankan perlunya pemikiran kreatif dan semangat yang menantang untuk mencapai komitmen Hyundai terhadap perubahan yang konsisten. Dia juga menyebut bahwa strategi terbaik bagi Hyundai adalah mendapatkan kepercayaan penuh dari para pelanggan, bukan dengan cepat-cepat mengikuti pesaing. 

"Saya mendorong kita semua untuk tetap kompetitif dengan memanfaatkan kreativitas di semua bidang perusahaan yang mencakup kualitas, keamanan, dan daya saing dari produk dan layanan,” tambahnya. 

Dalam rangka memperkuat visi Hyundai untuk bumi yang lebih baik, Chung menekankan bahwa melalui inovasi yang konsisten, perusahaan dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Ini adalah misi yang harus Hyundai wujudkan bukan hanya untuk pelanggan dan perusahaan, melainkan juga untuk kemanusiaan.

Chung menegaskan bahwa Hyundai Motor Group akan fokus pada pertumbuhan yang berkelanjutan dengan melibatkan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan, memprioritaskan kepuasan dan kepercayaan pelanggan melalui produk dan layanan berkualitas tinggi, serta menanamkan rasa aman untuk menjaga daya saing di masa depan.

Bicara tentang tanggung jawab lingkungan Hyundai Motor Group, Chung mengatakan, kemanusiaan selalu memberi perhatian terhadap keberlanjutan demi kelangsungan hidupnya sendiri, tetapi perusahaan harus meningkatkan upaya yang ada mulai dari sekarang. 

"Kita pun harus lebih tertarik pada netralitas karbon dan ekonomi sirkular untuk kemajuan yang berkelanjutan bagi kemanusiaan," imbuhnya.

Hyundai Motor Group menurut Chung dapat membantu memelihara ekosistem hidrogen global dan memperkuat kegiatan karbon netral melalui Small Modular Reactors dan solusi energi bersih. Selain itu, sebagai perusahaan global, Hyundai bisa menjalankan tanggung jawab sosial dengan menghidupkan kembali ekonomi sirkular yang mendaur ulang sumber daya, seperti baterai EV.

Adapun Hyundai Motor Group memiliki keunggulan sebagai organisasi pertama di dunia yang mengkomersialisasikan kendaraan listrik dengan sel bahan bakar hidrogen dan menggunakan energi hidrogen secara efektif. Hyundai pun sedang mengembangkan ekosistem bisnis hidrogen yang mencakup seluruh siklus, mulai dari produksi hidrogen hingga transportasi, penyimpanan, dan penggunaannya dengan menghubungkan kemampuan bisnis hidrogen dari setiap afiliasi Hyundai.

Saat ini, Hyundai Engineering & Construction (E&C) telah bergerak cepat mengembangkan bisnis pialang dan perdagangan energi terbarukan serta konstruksi pembangkit listrik tenaga nuklir generasi berikutnya, termasuk reaktor nuklir kecil.

Baca Juga: Hyundai Motor Mulai Bangun Pabrik EV senilai US$ 1,5 Miliar di Korea Selatan

Sementara itu, Hyundai Motor dan Kia sedang aktif bekerja untuk mengurangi emisi karbon dalam proses manufaktur. Upaya ini melibatkan peningkatan signifikan dalam penggunaan energi terbarukan, termasuk implementasi sistem pembangkit listrik tenaga surya di situs produksi dalam dan luar negeri untuk mencapai netralitas karbon pada 2045. 

Hyundai Motor dan Kia juga baru-baru ini menandatangani power purchase agreement (PPA) jangka panjang dengan Hyundai E&C untuk memperoleh energi surya terbarukan.

Hyundai pun secara aktif mendorong ekonomi sirkular dengan membentuk sistem kerja sama domestik dan internasional untuk menciptakan ekosistem sirkular untuk baterai EV dan memperluas penggunaan plastik daur ulang.

Dalam menjalankan upaya keberlanjutan ini, Chung juga menekankan tingkat kepuasan dan kepercayaan pelanggan yang berasal dari kualitas yang signifikan.

"Kita tidak boleh kompromi pada kualitas, karena hanya perusahaan yang sungguh-sungguh berkomitmen pada kualitas yang akan bertahan," tutur dia.

Lebih lanjut, Chung menekankan rasa aman sebagai arah keberlanjutan. Dia menuturkan, pengetahuan dan informasi yang telah diakumulasi selama bertahun-tahun adalah pendorong daya saing perusahaan di era revolusi industri keempat ini. Ini menjadi tanggung jawab setiap orang untuk memperkuat sistem yang melindungi aset intelektual korporat.

Pernyataan tersebut dengan tegas menunjukkan perlunya membentuk dan mempertahankan konsensus bahwa keamanan adalah masalah kritis yang terkait langsung dengan keberhasilan di semua bidang dalam Hyundai.

Dalam penghujung sambutannya, Chung menekankan pentingnya budaya kesiapan untuk menghadapi ketidakpastian ekonomi dan ketidakstabilan yang meningkat. "Untuk mengubah tantangan eksternal ini menjadi peluang dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan jangka panjang, kita harus bersiap,” kata dia.

Hyundai Motor Group perlu membudayakan keterampilan dan pengetahuan yang akan memungkinkan manajemen perusahaan membuat keputusan rasional, bahkan saat di bawah tekanan sekalipun. 

Sambutan Chung turut menekankan pentingnya terus belajar dan bersiap untuk menghadapi tren masa depan yang terus berubah, teknologi baru, serta pergeseran ekonomi dan sosial sehingga Hyundai dapat merespons krisis secara proaktif dengan mengambil keputusan cepat.

Chung tentu sangat menghormati dan membanggakan seluruh karyawan yang telah bekerja keras bersama-sama untuk mencapai salah satu laba operasional tertinggi Hyundai Motor Group tahun lalu. "Memasuki tahun baru, saya mengajak tiap individu untuk terus mendedikasikan diri dengan rasa bangga dan percaya diri demi pertumbuhan Hyundai Motor Group," jelas dia.

Baca Juga: Hyundai Tambah 4 Showroom Baru di Area Jawa Tengah

"Ketimbang khawatir dengan apa yang akan datang, mari kita hadapi tantangan yang ada. Mari kita terus mencipta dan berinovasi untuk menuju masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan," tambah Chung untuk mengakhiri sambutannya di tahun yang baru ini.

Sebagai informasi, Chung menyampaikan sambutannya di Kia AutoLand Gwangmyeong yang didirikan pada 1973 sebagai pabrik mobil terintegrasi pertama di Korea dengan proses produksi konveyor yang membawa era produksi mobil skala penuh di negara tersebut. Pada paruh pertama 2024, Hyundai akan menyelesaikan pembangunan pabrik khusus EV pertama Korea di lokasi tersebut untuk memulai era baru dalam perjalanan mobilitas masa depan.

Tahun ini juga menandai ulang tahun ke-80 pendirian Kia dan ulang tahun ke-50 peluncuran mobil penumpang pertama Kia, yakni Brisa yang diproduksi di Kia AutoLand Gwangmyeong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .