Boyong UKM ke luar negeri, Kemenkop raup Rp 61,7 M



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dorong pemasaran UKM dalam dan luar negeri. Menurut Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran I Wayan Dipta sepanjang 2017 ditargetkan 400 UKM dipromosikan di dalam negeri dan 60 UKM di luar negeri.

"Tahun 2017, berhasil dipromosikan 467 UKM di dalam negeri sedangkan di luar negeri Kemenkop UKM berhasil promosikan 109 UKM," ungkap I Wayan pada Jumat (5/1) di Jakarta.

I Wayan bilang promosi di luar negeri dilakukan di Malaysia, Filipina, lnggris, Korea Selatan, Hongkong dan Jepang. Sementara promosi di dalam negeri dilakukan di Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Kep. Riau, Lampung dan Aceh.


I Wayan juga memaparkan total anggaran yang dikeluarkan untuk promosi di luar negeri termasuk anggaran pendukungnya berupa kegiatan bimbingan teknis kepada UKM dan kegiatan business meeting adalah Rp 5,3 miliar.

"Adapun transaksi ritel dan order on site serta pasca promosi mencapai mencapai Rp 61,77 miliar. Jadi dengan biaya Rp 5,3 miliar telah menghasilkan devisa sebanyak 12 kali," tutup I Wayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto