BPJS Kesehatan gandeng tiga MI rilis reksadana



JAKARTA. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bekerja sama dengan tiga manajer investasi untuk menerbitkan reksadana pendapatan tetap. Tercatat, PT Mandiri Manajemen Investasi, PT Bahana TCW Investment Management, serta PT Danareksa Investment Management bakal mengelola produk yang bertajuk Reksadana Pendapatan Tetap Indonesia Sehat tersebut.

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso mengungkapkan, ketiga manajer investasi ini telah mengantongi izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tujuan penerbitan reksadana pendapatan tetap ini guna memenuhi ketentuan peraturan OJK Nomor 1/POJK.05/2016 tentang Investasi Surat Berharga Negara (SBN) Bagi Lembaga Jasa Keuangan Non – Bank. Kebijakan ini mewajibkan BPJS Kesehatan untuk memperbesar porsi investasi pada obligasi pemerintah minimal 30% sebelum akhir tahun 2016.

Selain itu, Reksadana Pendapatan Tetap Indonesia Sehat ini berjenis endowment fund alias dana abadi. Artinya, hasil kelolaan reksadana besutan manajer investasi dan BPJS Kesehatan tersebut bakal digunakan untuk mendanai kegiatan-kegiatan sosial dan non profit.

"BPJS Kesehatan selaku badan hukum publik yang memiliki prinsip nirlaba, bekerja sama dengan manajer investasi untuk menjalankan konsep endowment fund ini dalam reksadana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif," terangnya.

Endang Astharanti, Director of Sales & Product Mandiri Manajemen Investasi berujar, perusahaan sudah mengoleksi izin efektif dari OJK pada tanggal 11 November 2016 dengan nama Mandiri Pendapatan Tetap Indonesia Sehat. Ada tiga skema investasi yang dapat diambil investor.

Pertama, kelas VVIP di mana seluruh pokok dan imbal hasil investasi akan disumbangkan. Kedua, paket VIP di mana 50% dari hasil investasinya bakal didonasikan. Kemudian kelas reguler di mana pokok maupun imbal hasil investasi menjadi milik investor, hanya biaya manajemen yang akan disumbangkan.

Perusahaan mematok biaya manajemen sebesar 0,5% per tahun. Separuh dari biaya manajemen tersebut nantinya juga bakal didonasikan. Reksadana ini menggunakan bank kustodian PT Bank Central Asia Tbk.

Endang berharap, pada Desember 2016, produk Mandiri Pendapatan Tetap Indonesia Sehat sudah dapat mulai ditawarkan ke investor. Untuk tahap awal, ia optimistis reksadana pendapatan tetap ini dapat membukukan dana kelolaan sekitar 50 miliar. "Kami berharap hingga akhir tahun 2016, Mandiri Pendapatan Tetap Indonesia Sehat dapat memperoleh dana kelolaan hingga Rp 200 miliar," terangnya.

Editor: Yudho Winarto