BPK pastikan hasil audit kasus korupsi bansos akan disajikan pada akhir Januari 2021



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan segera menyampaikan hasil audit pemeriksaan dalam kasus korupsi bantuan sosial yang dilakukan mantan oleh Menteri Sosial Juliari Peter Batubara. 

Anggota III BPK Achsanul Qosasi mengatakan pihaknya akan segera memberikan hasil audit tersebut pada akhir Januari 2021.

"InsyaAllah akhir Januari 2021 nanti hasil audit sudah siap disajikan kepada publik,” ujar Achsanul dalam konferensi pers secara daring, Selasa (29/12). 

Ia menjelaskan audit pemeriksaan ini mencakup beberapa fokus utama yakni kualitas bansos yang sudah sesuai atau belum serta penyaluran atau distribusi bansos kepada masyarakat yang tepat sasaran atau sebaliknya. 

"Dengan demikian, BPK memperluas cakupan daripada sampling. Ada beberapa perusahaan, termasuk tiga perusahaan di dalamnya sudah masuk sampling pemeriksaan kita," tambahnya.

Baca Juga: BPK: Total anggaran penanganan Covid-19 mencapai Rp 1.035,2 triliun

Dalam fokus pemeriksaan tersebut, BPK juga melakukan pemeriksaan terhadap  pemilihan rekanan Kemensos. 

“Karena ini kan memang dilakukan tanpa tender dan siapa pun bisa bekerjasama dengan Kemensos," tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan mantan Mensos Juliari sebagai tersangka korupsi bansos dalam rangka penanganan dampak Covid-19. 

Selanjutnya: BPK: Pemantauan selama 15 tahun, aset ke kas negara kembali hanya Rp 111,01 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi