JAKARTA. Masih ingat dengan geger kasus penipuan investasi Koperasi Langit Biru atau penipuan investasi dengan kedok imbal hasil tinggi dilakukan oleh perusahaan investasi, Konsorsium Andalas Mandiri? Dua kasus ini hanya secuil kasus pelanggaran jasa keuangan yang merugikan konsumen atau nasabah. Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mencatat, sampai akhir September 2012 BPKN menerima pengaduan 182 kasus terkait jasa keuangan. Mayoritas atau sekitar 71,4% dari perbankan dan 19% dari pembiayaan. Selebihnya kasus lain-lain. Sebagai perbandingan, sepanjang tahun lalu tercatat ada 240 kasus masuk ke BPKN. Sekitar 67,9% kasus dari perbankan dan 17,9% dari pembiayaan.
BPKN: Perlindungan konsumen masih lemah
JAKARTA. Masih ingat dengan geger kasus penipuan investasi Koperasi Langit Biru atau penipuan investasi dengan kedok imbal hasil tinggi dilakukan oleh perusahaan investasi, Konsorsium Andalas Mandiri? Dua kasus ini hanya secuil kasus pelanggaran jasa keuangan yang merugikan konsumen atau nasabah. Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mencatat, sampai akhir September 2012 BPKN menerima pengaduan 182 kasus terkait jasa keuangan. Mayoritas atau sekitar 71,4% dari perbankan dan 19% dari pembiayaan. Selebihnya kasus lain-lain. Sebagai perbandingan, sepanjang tahun lalu tercatat ada 240 kasus masuk ke BPKN. Sekitar 67,9% kasus dari perbankan dan 17,9% dari pembiayaan.