BPS Beberkan Tiga Wilayah dengan IPH Tertinggi pada Minggu Keempat Maret 2024



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sejumlah Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan indeks perkembangan harga (IPH) di Minggu keempat Maret 2024. Ini disumbang oleh tiga komoditas pangan utama.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan di Minggu keempat terdapat tiga kabupaten/kota dengan kenaikan IPH tertinggi di antaranya Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Sulawesi Utara, Kabupaten Poso Sulawesi Tengah dan Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Ketiga provinsi ini kenaikan IPH-nya di atas 8%. Kabar gembiranya jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan IPH ini menurun jumlahnya, dibandingkan minggu ketiga bulan Maret 2023,” ujarnya dalam Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan, di Jakarta, Senin (1/4).


Amalia menyebutkan, terdapat beberapa komoditas penyumbang utama IPH di Sumatera antara lain cabai merah, daging ayam ras dan beras. Sementara di pulau Jawa adalah daging ayam ras, telur ayam ras dan beras.

Baca Juga: Inflasi Diyakini Terkerek pada Maret 2024, Lepas Lebaran Berpotensi Turun?

Sementara itu, di luar pulau Jawa dan Sumatera tiga komoditas penyumbang kenaikan IPH terbesar adalah daging ayam ras, beras dan cabai rawit.

"Artinya untuk secara nasional ada tiga yang menjadi perhatian utama yang kemudian kami pantau kenaikan harganya terutama daging ayam ras, beras dan telur ayam ras," sebutnya.

Lebih lanjut, Amalia menambahkan, perkembangan harga telur ayam ras di minggu keempat Maret 2024 kenaikan harganya relatif lebih rendah dari minggu kedua Maret 2024.

“Yang terjadi di minggu kedua Maret 2024 yang mencapai 6,89%, ini sudah mulai melandai jadi sama kenaikannya dengan minggu lalu,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi