BPS: Terdapat 24 Provinsi yang Mengalami Deflasi, Terdalam di Papua Barat



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, Indeks Harga Konsumen (IHK) pada September 2024 mengalami deflasi sebesar 0,12% secara bulanan atau month to month (mtm). Deflasi ini lebih tinggi bila dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 0,03% mtm.

Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan, dari 38 provinsi di Indonesia, sebanyak 24 provinsi mengalami deflasi, dan sebanyak 14 provinsi mengalami inflasi,

“Deflasi terdalam sebesar 0,92% mtm terjadi di Provinsi Papua Barat, dan inflasi terdalam di Maluku Utara sebesar 0,56% mtm,” tutur Amalia dalam konferensi pers, Senin (1/10).


Kemudian, di wilayah Sumatra deflasi tertinggi ada di Provinsi Aceh sebesar 0,52% mtm, sedangkan inflasi tertinggi berada di Kepulauan Riau sebesar 0,14% mtm.

Di Wilayah Kalimantan, deflasi tertinggi terjadi di Kalimantan Utara yakni sebesar 0,09% mtm, sementara inflasi tertinggi terjadi di Kalimantan Barat sebesar 0,29% mtm.

Baca Juga: BPS: Harga Gabah Turun, Tapi Harga Beras Masih Naik

Di Wilayah Sulawesi, deflasi tertinggi terjadi di Sulawesi Utara sebesar 0,54% mtm, sedangkan inflasi tertinggi terjadi di Gorontalo sebesar 0,54% mtm.

Di Wilayah Jawa, deflasi terdalam terjadi di Banten sebesar 0,26% mtm, dan inflasi tertinggi terjadi di Jawa Tengah sebesar 0,05% mtm.

Terakhir, di wilayah Bali Nusra, deflasi terdalam terjadi di Nusa tenggara Timur (NTT) sebesar 0,03% mtm, dan inflasi tertinggi di Bali sebesar 0,13% mtm.  

Selanjutnya: BPS: Harga Gabah Turun, Tapi Harga Beras Masih Naik

Menarik Dibaca: Apa yang Terjadi Jika Berhenti Berhubungan Intim dalam Waktu Lama?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari
TAG: