BREAKING NEWS: The Fed Pangkas Bunga 50 Basis Poin Jadi 4,75%-5%



KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve atau The Fed memangkas suku bunga hingga setengah poin persentase atau 50 basis poin menjadi 4,75%-5% pada Rabu (18/9).

Pemotongan bunga The Fed ini mengawali apa yang diharapkan sebagai pelonggaran kebijakan moneter yang stabil dengan pengurangan biaya pinjaman yang lebih besar dari biasanya yang diikuti oleh meningkatnya kekhawatiran tentang kesehatan pasar kerja.

"Komite telah memperoleh keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2%, dan menilai bahwa risiko untuk mencapai sasaran ketenagakerjaan dan inflasi secara kasar seimbang," kata para pembuat kebijakan di komite penetapan suku bunga bank sentral AS dalam pernyataan terbaru seperti dikutip Reuters.


Namun, keputusan itu tidak bulat karena ada perbedaan pendapat dari Gubernur Michelle Bowman yang hanya mendukung pemotongan seperempat poin persentase atau 25 basis poin.

Para pembuat kebijakan melihat suku bunga acuan Fed turun 50 basis poin lagi pada akhir tahun ini, lalu 100 basis poin pada tahun 2025, dan 50 basis poin pada tahun 2026 hingga berakhir pada kisaran 2,75%-3,00%.

Titik akhir mencerminkan sedikit peningkatan, dari 2,8% menjadi 2,9%, dalam suku bunga dana federal jangka panjang, yang dianggap sebagai sikap "netral" yang tidak mendorong maupun menghambat aktivitas ekonomi.

Ringkasan Penting:

  • Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve atau The Fed, memangkas suku bunga sebesar 0,5 poin persentase (50 basis poin) menjadi 4,75% - 5,00%.
  • Pemotongan bunga The Fed ini mengawali pelonggaran kebijakan moneter yang stabil dengan pengurangan biaya pinjaman yang lebih besar dari biasanya.
  • Para pembuat kebijakan memperoleh keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2%, dan menilai bahwa risiko untuk mencapai sasaran ketenagakerjaan dan inflasi secara kasar seimbang.
  • Para pembuat kebijakan melihat suku bunga acuan Fed turun 50 basis poin lagi pada akhir tahun ini, lalu 100 basis poin pada tahun 2025, dan 50 basis poin pada tahun 2026 hingga berakhir pada kisaran 2,75% - 3,00%.
  • Inflasi "tetap agak tinggi", pernyataan Fed mengatakan para pembuat kebijakan memilih untuk memangkas suku bunga semalam ke kisaran 4,75% - 5,00% "mengingat kemajuan inflasi dan keseimbangan risiko."
  • Fed "akan siap untuk menyesuaikan sikap kebijakan moneter sebagaimana mestinya jika muncul risiko yang dapat menghambat pencapaian tujuan Komite," dengan memperhatikan "kedua sisi mandat gandanya" untuk harga yang stabil dan lapangan kerja yang maksimal.
Baca Juga: Menunggu Keputusan The Fed dengan Tegang, Wall Street Bergerak Stagnan Rabu (18/9)

Meskipun inflasi "tetap agak tinggi," pernyataan Fed mengatakan para pembuat kebijakan memilih untuk memangkas suku bunga semalam ke kisaran 4,75%-5,00% "mengingat kemajuan inflasi dan keseimbangan risiko."

Fed "akan siap untuk menyesuaikan sikap kebijakan moneter sebagaimana mestinya jika muncul risiko yang dapat menghambat pencapaian tujuan Komite," dengan memperhatikan "kedua sisi mandat gandanya" untuk harga yang stabil dan lapangan kerja yang maksimal.

Ketua Fed Jerome Powell akan mengadakan konferensi pers pada pukul 2:30 siang EDT (1830 GMT) untuk membahas keputusan kebijakan dan prospek ekonomi. Pertemuan kebijakan Fed minggu ini adalah yang terakhir sebelum para pemilih pergi ke tempat pemungutan suara dalam pemilihan presiden AS yang diperkirakan akan berlangsung ketat pada tanggal 5 November.

Besarnya pemangkasan awal kemungkinan akan menimbulkan pertanyaan tentang strategi Fed, dan apakah para pembuat kebijakan hanya mencoba memperhitungkan penurunan cepat inflasi sejak tahun lalu. Atau mengatasi kekhawatiran di antara beberapa pejabat bahwa pasar kerja AS mungkin melemah lebih cepat dari yang diinginkan atau dibutuhkan untuk memastikan inflasi kembali sepenuhnya ke target Fed sebesar 2%.

Saat ini sekitar setengah poin persentase di atas itu, dan proyeksi ekonomi baru sekarang menunjukkan tingkat kenaikan tahunan dalam indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi turun menjadi 2,3% pada akhir tahun ini dan turun menjadi 2,1% pada akhir tahun 2025.

Baca Juga: BI Pangkas BI Rate Jadi 6%, Bagaimana Efeknya ke Instrumen Investasi Domestik?

Tingkat pengangguran AS terlihat berakhir tahun ini pada 4,4%, lebih tinggi dari 4,2% saat ini, dan tetap di sana hingga tahun 2025. Pertumbuhan ekonomi terlihat pada 2,1% hingga 2024 dan 2% tahun depan, sama seperti pada putaran proyeksi terakhir yang dikeluarkan pada bulan Juni.

The Fed telah mempertahankan suku bunga kebijakannya dalam kisaran 5,25%-5,50% sejak Juli 2023 karena inflasi turun dari level tertinggi dalam 40 tahun ke level yang sekarang mendekati target bank sentral.

Selanjutnya: Tips Tajir Robert Kiyosaki: Urus Bisnis Sendiri & Biarkan Uang Bekerja 24 Jam Sehari

Menarik Dibaca: Harga Emas Antam Turun Rp 10.000 Hari Ini 19 September

Editor: Khomarul Hidayat