BRI bikin kapal guna layani kredit pulau terpencil



JAKARTA. Mulai tahun depan, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akan memiliki kapal khusus yang bisa menjangkau pulau terpencil. Uniknya, kapal itu bukan hanya menjadi sarana transportasi saja melainkan juga untuk menjadi perpanjangan tangan kantor BRI untuk menyalurkan kredit ke nasabah.

Selain itu, kapal yang bisa menjangkau wilayah terpencil itu berfungsi sebagai ATM berjalan. "Kapalnya akan melewati daerah laut Arafuru," ujar Direktur Utama BRI Sofyan Basir di pemaparan kinerja keuangan triwulan III tahun 2013, Rabu (23/10).

Sofyan menjelaskan, adanya kapal untuk menyalurkan dana kredit tersebut akan membuat BRI bisa meningkatkan perekonomian di daerah terpencil yang membutuhkan kredit. "Jika kreditnya sudah meningkat di satu daerah itu, nanti akan dibuat kantor disana," ungkap Sofyan.


Sofyan mengungkapkan, kapal BRI akan dioperasikan enam orang, dengan maksimal 12 penumpang. Dalam pengoperasiannya, akan mengelilingi beberapa pulau terpencil. Kapal tersebut memiliki panjang 16 meter, lebar 7 meter.

Mengenai investasinya, BRI saat ini sedang menghitungnya. Namun yang pasti, kapal tersebut terbuat dari besi dengan double engine. "Rencananya tahun depan dua unit kapal, kalau sudah berjalan akan ditempatkan untuk enam daerah," papar Sofyan.

Rute yang akan diambil Kapal penyaluran kredit BRI itu diantaranya adalah, pertengahan pulau Kalimantan, sepanjang sungai Kapuas, Batam, Ambon, NTT, dan Saunglaki. (Adiatmaputra Fajar/Tribunnews)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri