BRI Insurance dukung pengembangan ekosistem UMKM lewat asuransi gratis



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT BRI Asuransi Indonesia alias BRI Insurance (BRINS) sebagai bagian dari BRI Group yang memang fokus pada bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), turut membantu membangun ekosistem bisnis mikro. 

Hal itu dilakukan dengan menginisiasi kampanye “Jagain Teman Usaha Mikro” sebagai langkah berikan perlindungan asuransi mikro (asmik) kepada pelaku UMKM seluruh Indonesia. 

Fankar Umran CEO BRI Insurance mengatakan, kampanye ini dilakukan untuk menjaga dan membangun ekosistem bisnis mikro. Kampanye yang sekaligus mendukung bisnis perseroan secara berkelanjutan itu ditandai dengan pemberian perlindungan Asmik Kerusakan Tempat Usaha dan Asmik Rumahku kepada 1.000 Agen BRILink seluruh Indonesia yang bersinergi dengan BRI.


BRI Insurance ingin menyampaikan pentingnya perlindungan asuransi untuk keberlangsungan sebuah usaha (UMKM) yang berkelanjutan dan jangka panjang.

“Kami memahami bahwa masih banyak para pelaku UMKM yang masih kesulitan dalam menjangkau asuransi untuk perlindungan aset usaha mereka, disamping itu edukasi asuransi juga masih minim bagi para pelaku usaha. Kampanye ini menjadi bentuk komitmen kami untuk melindungi dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” kata Fankar dalam keterangan resminya, Selasa (7/12).

Baca Juga: Zurich Asuransi Indonesia hadirkan asuransi vaksin Covid-19 gratis

Pengusaha mikro memiliki peran yang cukup besar dalam kontribusinya terhadap PDB Indonesia. Hingga saat ini ada 65,5 juta UMKM di Indonesia yang rentan terpapar risiko tak terduga yang dapat berpengaruh pada keberlangsungan usahanya, namun dari angka tersebut baru 10% yang terproteksi asuransi mikro.

Fankar melanjutkan, inklusivitas asuransi masih memiliki angka yang kecil, yakni di angka 13% berdasarkan data OJK, tidak sebanding dengan inklusi keuangan yang sudah 76%. Penetrasi yang paling memungkinkan adalah kombinasi digital dan konvensional, atau hybrid model, agar memperluas daya jangkau segmentasi khususnya segmentasi mikro, yang memiliki porsi terbesar dalam piramida perekonomian nasional.

Melalui kampanye ini, selain mendapatkan santunan Asmik sebesar Rp 5 juta, para pelaku UMKM juga memiliki kesempatan memasarkan dan menjual asuransi mikro ke sesama pelaku usaha dengan dibekali aplikasi BRINSAgent yang telah didukung dengan fitur sekaligus menjadi karakteristik produk Asuransi Mikro yaitu SMES (Sederhana, Murah, Ekonomis, dan Segera). 

BRI Insurance  melakukan kombinasi penetrasi antara digital dan konvensional untuk menghadirkan solusi sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat terproteksi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi