BRI masuk lima besar merek paling bernilai di ASEAN



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. berada di peringkat teratas dari daftar “The Most Valuable Bank Brands” di Indonesia. BRI juga menempati peringkat empat dari daftar merek bank paling berharga di seluruh Asia Tenggara, mengutip hasil riset “Brand Finance Top 500 Most Valuable Bank Brands 2018.”

Secara keseluruhan, Bank BRI menempati peringkat 82 atau naik dibandingkan dengan posisi tahun lalu yakni 89. Prestasi ini tak lepas dari meningkatnya nilai merek BRI yang ditaksir sebesar US$ 3,2 miliar atau senilai Rp 44 Triliun, tumbuh 24% dibandingkan tahun lalu.

Bambang Tribaroto, Corporate Secretary BRI menyatakan bahwa hasil riset ini merupakan sinyal positif akan keberadaan BRI yang kian diakui di kancah internasional. “Dinobatkan sebagai bank dengan merek paling bernilai di Indonesia tentu merupakan sebuah kebanggaan dan kehormatan bagi kami. Pencapaian ini juga semakin memotivasi kami untuk terus fokus terhadap pemberdayaan UMKM serta mengakselerasi digitalisasi” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (28/3).


Brand Finance Banking 500 adalah studi tahunan yang dilakukan oleh Brand Finance, konsultan penilaian merek dan strategi terkemuka di dunia, dan diterbitkan dalam majalah ‘The Banker’. Dalam penelitian ini, bank-bank terbesar dunia diberi peringkat berdasarkan nilai merek mereka, dengan hasil yang mencerminkan tren industri dan menunjukkan perkembangan di masa depan.

South Asia’s Most Valuable Banks 2018

Ranking Global Negara Merek Nilai Merek
40 Singapura DBS US$ 6,5 miliar
64 Singapura OCBC US$ 4 miliar
66 Singapura UOB US$ 3,7 miliar
82 Indonesia BRI US$ 3,2 miliar
83 Malaysia Maybank US$ 3,1 miliar
101 Indonesia BCA US$ 2,3 miliar
105 Indonesia Mandiri US$ 2,2 miliar
111 Malaysia CIMB US$ 2 miliar
113 Thailand SCB US$ 1,9 miliar
117 Malaysia Public Bank US$ 1,5 miliar
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sofyan Hidayat