Bringin Life memperkuat lalur bancassurance



JAKARTA. Jalur penjualan produk asuransi lewat bank atau bancassurance semakin menjadi andalan perusahaan asuransi. Asuransi Bringin Jiwa Sejahtera (Bringin Life) merupakan salah satu perusahaan yang sedang menyuburkan jalur distribusi ini. 

Bekerjasama dengan induknya, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bringin Life mengembangkan in-branch sales bancassurance. Jadi, nanti akan ada para petugas asuransi atau bancassurance realtionship officer (BRO) yang ditempatkan di kantor cabang BRI.

Ada tiga produk yang akan diperkenalkan ke para nasabah BRI, yaitu dana Sehat Sejahtera (Dasetera), Dana Purna Sejahtera (Danastera), serta Dana Investasi Sejahtera (Davestera). Tahap awal, para BRO ini akan diimplementasikan pada enam kantor wilayah.


Bringin Life memang belum lama ini meluncurkan jalur bancassurance. Nandi H. Hamaki, Direktur Pemasaran Bringin Life berharap, jalur ini nantinya menjadi pilar pertumbuhan bisnis. "Dalam lima tahun mendatang, kami harap bancassurance bisa menyumbang 40% dari perolehan premi," kata Nandi, Kamis (27/6)

Sejauh ini, penyumbang terbesar premi Bringin Life adalah Asuransi Jiwa Kredit, hingga 80%. Perolehan premi Bringin Life saat ini hampir mencapai Rp 2 triliun dan ditargetkan mencapai Rp 3 triliun akhir tahun nanti. 

Bagi BRI, kerja sama ini bisa meningkatkan pendapatan non bunga atau fee-based income. "Di tahun pertama sejak peluncuran, kami menargetkan pendapatan  in-branch sales bancassurance sebesar Rp 25 miliar," kata Widodo Januarso, General Manager Funding and Services Division  BRI. Pada tahun ketiga, diharapkan mencapai Rp 200 miliar per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: