BTN Berkomitmen Meningkatkan Kualitas SDM



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompeten. Sebagai salah satu bank BUMN strategis yang fokus pada pembiayaan sektor perumahan, BTN menyadari bahwa SDM berperan vital dalam mendukung visi dan misi perusahaan, terutama dalam memperkuat layanan, inovasi, dan akselerasi transformasi digital.

Salah satu bentuk komitmen tersebut diwujudkan BTN dengan menjadi tuan rumah acara puncak BUMN Learning Festival (BLF) pada 15 Oktober 2024

Kegiatan BLF 2024 diinisiasi oleh Kementerian BUMN berkolaborasi dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan BUMN School of Excellence (BSE). Kegiatan ini diharapkan bisa mendorong kualitas Insan BUMN berkembang secara berkelanjutan meningkatkan kapabilitas. 


Kedepannya, tantangan multidimensi secara global atau sering disebut Vulnerability, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA) akan terus bermunculan, seperti Agenda ESG, Industri 4.0, dinamika geopolitik, turbulensi ekonomi, hingga isu pandemi dan lingkungan.

Baca Juga: Perluas Kredit UMKM, BTN Gandeng Amartha untuk Penyaluran Kredit

Hal itu membuat BUMN, termasuk BTN, harus terus bertransformasi menjadi lembaga yang lebih optimis, dinamis, relevan, dan progresif dengan core value BUMN AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) sebagai pondasi berkelanjutan.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan pelaksanaan BUMN Learning Festival ini menjadi komitmen untuk menciptakan SDM unggul dengan pondasi AKHLAK yang kuat. 

Dengan SDM yang unggul,  BUMN termasuk BTN, akan mampu terus bertransformasi menjawab kebutuhan masyarakat, terutama mendukung program pembiayaan perumahan sebagai salah satu proyek strategis nasional. 

"SDM BTN yang unggul akan mendorong sektor perumahan. Sektor perumahan yang maju akan memberikan ripple effect bagi 185 sektor lain dan mendorong perekonomian nasional," kata Nixon dalam keterangannya, Rabu (16/10). 

Baca Juga: Bank BTN Sudah Sepakati Harga Akuisisi dengan Calon Bank Syariah

Hasil kajian dari Housing Finance Center BTN menunjukkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus menambah output pada ekonomi nasional sebesar Rp 2,46 triliun. 

Sementara itu, Tedi Bharata, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, menyampaikan bahwa BLF 2024 merupakan bagian dari komitmen Kementerian BUMN untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan perkembangan tren bisnis baru para karyawan BUMN. 

Kementerian BUMN telah menetapkan nilai-nilai utama insan BUMN yaitu AKHLAK pada tahun 2020, yang menjadi pedoman perilaku seluruh SDM BUMN untuk bekerja produtif dan mencatatkan kontribusi positif untuk negara.

“Sejak Kementerian BUMN menjadikan nilai utama insan BUMN ke dalam AKHLAK,  kinerja SDM BUMN mencatatkan hasil yang memuaskan,” kata dia.

Dari Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Kementerian BUMN sepanjang 2023, produktivitas tenaga kerja BUMN mencatatkan realisasi Rp7,61 miliar per orang, yang mana angka tersebut di atas target 2023 senilai Rp 6,96 miliar per orang.

Selanjutnya: Belajar dari Suksesi BREN Dkk, Ernst & Young Proyeksikan IPO Sektor EBT Masih Semarak

Menarik Dibaca: 10 Makanan Terbaik agar Kulit Awet Muda, Jaga Kesehatannya dari Dalam!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk