KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) terus melakukan transformasi IT dan digital di berbagai aspek operasionalnya. Teranyar, bank ini menerapkan sistem pengadaan terintegrasi end to end (E2E Procurement) sebagai bagian dari integrasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP). Implementasi E2E Procurement menggantikan sistem pengadaan sebelumnya yang belum terintegrasi secara menyeluruh. Melalui penerapan sistem ini, BTN menargetkan peningkatan efisiensi, transparansi, dan kontrol yang lebih baik dalam seluruh proses pengadaan. Direktur Utama BTN Nixon LP Napitulu mengatakan, transformasi dalam proses procurement ini bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan dalam mengoptimalkan proses procurement maupun biaya dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik dan transparan.
Ia bilang, implementasi transformasi E2E Procurement BTN meliputi seluruh aspek pengadaan, mulai dari perencanaan, pengelolaan supplier, penawaran, inventory, hingga transaksi yang lebih akurat dan tepat waktu. Baca Juga: Perbankan Optimistis NIM Membaik Seiring Potensi Penurunan Suku Bunga Acuan “Dengan proses yang terstandar dan optimal akan meminimalkan risiko hukum, risiko finansial dan risiko ketidakpatuhan terhadap kebijakan perusahaan dan regulasi,” jelas Nixon siaran persnya, Minggu (2/9). Semenatara itu, Direktur IT BTN, Andi Nirwoto mengungkapkan, implementasi E2E di BTN merupakan langkah signifikan dalam upaya meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing bank dengan sistem yang terintegrasi dan canggih. Ia menyebut bahwa sistem tersebut mencakup automasi dan integrasi dari seluruh proses pengadaan dan seluruh sistem BTN yang terkait secara real time. Dengan semua data tersimpan secara digital, proses analitik cost investment, pemenuhan tata kelola proses, dan pengelolaan penyedia jasa akan bisa dilakukan secara cepat. “Pada akhirnya, inovasi ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kinerja internal bank, tetapi juga memperkuat hubungan dengan nasabah dan mitra bisnis, serta mendorong pertumbuhan bisnis BTN secara keseluruhan,” papar Andi. Direktur Asset Management BTN Elizabeth Novie Riswanti menambahkan, dengan proses kontrol yang terintegrasi, masing-masing kantor cabang BTN dapat menjalankan proses penyediaan barang dan jasa secara self service. Ia bilang, dengan otonomi tersebut maka setiap kantor cabang dapat lebih responsif terhadap kebutuhan pengadaan lokal mereka, yang pada akhirnya mempercepat proses dan mengurangi ketergantungan pada kantor pusat. “Hal ini tentu akan memangkas waktu dan biaya distribusi dan tujuan akhirnya adalah meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada nasabah,” tegasnya.