BTN Tambah 8.000 Mesin EDC Baru pada Awal Tahun 2024



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Pada awal tahun 2024, PT Bank Tabungan Negara (BTN) berhasil menambah 8.000 mesin EDC baru untuk merchant anchor skala nasional seperti ritel convienence store dan mitra strategis lainnya. Merchant EDC BTN per Januari 2024 juga tumbuh 53% year to date (YtD) dari posisi 2023.

"Penambahan jumlah EDC kami yakini mampu meningkatkan jumlah transaksi dan sales volume sehingga memberikan benefit fee based income dari MDR transaksinya," ujar Direktur IT dan Digital BTN Andi Nirwoto kepada kontan.co.id, Kamis (15/2).

Di samping itu, dengan rangkaian promo pada momen HUT BTN, pemilu, untuk periode tanggal 8 sampai dengan 14 Februari, EDC BTN berhasil membukukan jumlah transaksi lebih dari 335.000 dengan sales volume mencapai Rp 30 miliar untuk 7 hari. Angka ini relatif lebih tinggi dibandingkan periode harian biasa dengan kenaikan di kisaran 15%.


Baca Juga: Dana Murah Berkontribusi 54% Terhadap Total DPK BTN di Tahun 2023

Menurut Andi, dari evaluasi program promo kemarin, hampir seluruh mesin EDC mengalami peningkatan utilitas transaksi dan sales volume. 

"Dan kami bersyukur BTN mampu memberikan layanan terbaik dan turut berpartisipasi meramaikan momen pemilu dan valentine bagi masyarakat," sambungnya.

Hingga akhir tahun, BTN menargetkan merchant EDC akan tumbuh sebesar 30% dengan penambahan deploy mesin EDC di kisaran 10%. Andi menyebut, angka tersebut sudah memperhitungkan aspek layanan dan pendapatan yang akan diperoleh ditahun 2024 ini sejalan dengan target perolehan Fee Based Income (FBI) BTN 2024. 

 
BBTN Chart by TradingView

"Kami juga optimistis transaksi dari EDC BTN minimal akan mencapai Rp 1 triliun atau meningkat 10% dibanding pencapaian tahun 2023. Target tersebut akan kami capai dengan strategi dan monitoring yang tepat," ungkapnya. 

Andi mengaku sudah menyusun beberapa strategi yang akan BTN jalankan di tahun 2024 ini. Untuk strategi reguler seperti marketing dan promo masih rutin pihaknya jalankan dan terus di tingkatkan untuk menarik minat nasabah agar melakukan pembayaran cashless melalui EDC dan merchant aktif menggunakan mesin EDC sebagai penerimaan pembayaran.

BTN juga fokus pada peningkatan utilitas mesin EDC dengan aktif menjalin komunikasi dengan merchant anchor dan merchant regular, mulai dari sosialisasi program promo hingga kecepatan penyelesaian troubleshoot-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .