KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Pada awal tahun 2024, PT Bank Tabungan Negara (BTN) berhasil menambah 8.000 mesin EDC baru untuk
merchant anchor skala nasional seperti ritel
convienence store dan mitra strategis lainnya. Merchant EDC BTN per Januari 2024 juga tumbuh 53%
year to date (YtD) dari posisi 2023. "Penambahan jumlah EDC kami yakini mampu meningkatkan jumlah transaksi dan
sales volume sehingga memberikan
benefit fee based income dari MDR transaksinya," ujar Direktur IT dan Digital BTN Andi Nirwoto kepada kontan.co.id, Kamis (15/2). Di samping itu, dengan rangkaian promo pada momen HUT BTN, pemilu, untuk periode tanggal 8 sampai dengan 14 Februari, EDC BTN berhasil membukukan jumlah transaksi lebih dari 335.000 dengan
sales volume mencapai Rp 30 miliar untuk 7 hari. Angka ini relatif lebih tinggi dibandingkan periode harian biasa dengan kenaikan di kisaran 15%.
Baca Juga: Dana Murah Berkontribusi 54% Terhadap Total DPK BTN di Tahun 2023 Menurut Andi, dari evaluasi program promo kemarin, hampir seluruh mesin EDC mengalami peningkatan utilitas transaksi dan
sales volume. "Dan kami bersyukur BTN mampu memberikan layanan terbaik dan turut berpartisipasi meramaikan momen pemilu dan valentine bagi masyarakat," sambungnya. Hingga akhir tahun, BTN menargetkan
merchant EDC akan tumbuh sebesar 30% dengan penambahan deploy mesin EDC di kisaran 10%. Andi menyebut, angka tersebut sudah memperhitungkan aspek layanan dan pendapatan yang akan diperoleh ditahun 2024 ini sejalan dengan target perolehan
Fee Based Income (FBI) BTN 2024.
"Kami juga optimistis transaksi dari EDC BTN minimal akan mencapai Rp 1 triliun atau meningkat 10% dibanding pencapaian tahun 2023. Target tersebut akan kami capai dengan strategi dan monitoring yang tepat," ungkapnya. Andi mengaku sudah menyusun beberapa strategi yang akan BTN jalankan di tahun 2024 ini. Untuk strategi reguler seperti
marketing dan promo masih rutin pihaknya jalankan dan terus di tingkatkan untuk menarik minat nasabah agar melakukan pembayaran
cashless melalui EDC dan
merchant aktif menggunakan mesin EDC sebagai penerimaan pembayaran. BTN juga fokus pada peningkatan utilitas mesin EDC dengan aktif menjalin komunikasi dengan
merchant anchor dan
merchant regular, mulai dari sosialisasi program promo hingga kecepatan penyelesaian
troubleshoot-nya. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Handoyo .