KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) anggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 90 miliar di 2018. Selain lakukan ekspansi internal, M CASH juga susun rencana ekspansi eksternal di 2018. Terdekat, M Cash akan meluncur bersama 24Print melalui Kiosk 24Print. “Kita anggarkan capex sekitar Rp 90 miliar di 2018 yang bersumber dari kas internal,” ujar Presiden Direktur M Cash, Martin Suharlie kepada Kontan, Rabu (3/1). Anggaran belanja modal ini menurut Martin akan digunakan untuk memperkuat jaringan distribusi kios dan pengembangan platform yang dimiliki perusahaan. Sebagai informasi, M Cash pasang target jangka panjang untuk membangun 10.000 kios di 2020. Adapun realisasinya, hingga Oktober 2017 lalu, M Cash telah memasang 409 unit Kios. Sebelumnya, di tahun 2017 M Cach menganggarkan capex sebesar Rp 25 miliar. Martin bilang penyerapannya sudah mencapai 100%. “Kita sedang menikmati ekspansi internal dari proyek-proyek yang sudah ada,” tambah Martin. Dus, Martin bilang perusahaan belum ada rencana mencari pendanaan baru dalam waktu dekat. Sejauh ini M Cash masih memaksimalkan perolehan dana initial public offering (IPO) yang digelar November 2017 lalu. Meski demikian, ekspansi eksternal juga tak dihentikan. Setelah IPO, M Cash sempat berinvestasi di beberapa perusahaan. Persis setelah melangsungkan debut perdana dibursa, M Cash menandatangani nota kesepahaman untuk menanamkan 14,81% kepemilikan di perusahaan mobile wallet MatchMove Indonesia. Lagi, akhir Desember lalu M Cash kembali menggelontorkan dana untuk berinvestasi di perusahaaan yang bergerak di jasa self service printing, yani 24 Print. “Kita masuk 20% ke 24Print dengan pola rights issue, jadi uang dibayarkan ke perusahaan, bukan pemegang saham lama,” jelas Martin. Melalui kerjasama denagn 24Print, M Cash akan mengintegrasikan produk-produk yang dimiliki dengan mesin 24Print. Nantinya, mesin 24Print yang ada semakin kaya dengan produk tambahan dari M CASH, seperti pulsa, Sim Card, dan e-toll. “Saat ini kita belum jalankan pemasangan baru, sampai dengan proses development interface baru selesai dengan multiproduk,” tambah Martin. Jika Sesuai target, pada 15 Januari 2018 ini, M Cash akan melanjutkan ekspansi di 24Print.
Bujet capex Rp 90 miliar, M Cash ekspansi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) anggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 90 miliar di 2018. Selain lakukan ekspansi internal, M CASH juga susun rencana ekspansi eksternal di 2018. Terdekat, M Cash akan meluncur bersama 24Print melalui Kiosk 24Print. “Kita anggarkan capex sekitar Rp 90 miliar di 2018 yang bersumber dari kas internal,” ujar Presiden Direktur M Cash, Martin Suharlie kepada Kontan, Rabu (3/1). Anggaran belanja modal ini menurut Martin akan digunakan untuk memperkuat jaringan distribusi kios dan pengembangan platform yang dimiliki perusahaan. Sebagai informasi, M Cash pasang target jangka panjang untuk membangun 10.000 kios di 2020. Adapun realisasinya, hingga Oktober 2017 lalu, M Cash telah memasang 409 unit Kios. Sebelumnya, di tahun 2017 M Cach menganggarkan capex sebesar Rp 25 miliar. Martin bilang penyerapannya sudah mencapai 100%. “Kita sedang menikmati ekspansi internal dari proyek-proyek yang sudah ada,” tambah Martin. Dus, Martin bilang perusahaan belum ada rencana mencari pendanaan baru dalam waktu dekat. Sejauh ini M Cash masih memaksimalkan perolehan dana initial public offering (IPO) yang digelar November 2017 lalu. Meski demikian, ekspansi eksternal juga tak dihentikan. Setelah IPO, M Cash sempat berinvestasi di beberapa perusahaan. Persis setelah melangsungkan debut perdana dibursa, M Cash menandatangani nota kesepahaman untuk menanamkan 14,81% kepemilikan di perusahaan mobile wallet MatchMove Indonesia. Lagi, akhir Desember lalu M Cash kembali menggelontorkan dana untuk berinvestasi di perusahaaan yang bergerak di jasa self service printing, yani 24 Print. “Kita masuk 20% ke 24Print dengan pola rights issue, jadi uang dibayarkan ke perusahaan, bukan pemegang saham lama,” jelas Martin. Melalui kerjasama denagn 24Print, M Cash akan mengintegrasikan produk-produk yang dimiliki dengan mesin 24Print. Nantinya, mesin 24Print yang ada semakin kaya dengan produk tambahan dari M CASH, seperti pulsa, Sim Card, dan e-toll. “Saat ini kita belum jalankan pemasangan baru, sampai dengan proses development interface baru selesai dengan multiproduk,” tambah Martin. Jika Sesuai target, pada 15 Januari 2018 ini, M Cash akan melanjutkan ekspansi di 24Print.