Buka BSI International Expo 2024, Wapres: BSI Dorong Arus Baru Pertumbuhan Ekonomi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin  resmi membuka BSI International Expo 2024 yang diselenggarakan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) di Jakarta Convention Center pada 20—23 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin mengapresiasi komitmen BSI yang mendorong ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus baru pertumbuhan ekonomi nasional, terutama di segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Saya harapkan BSI International Expo bisa menjadi agenda tahunan yang konsisten diselenggarakan oleh BSI sehingga ekonomi halal Indonesia semakin dikenal dunia. Kemudian, acara BSI International Expo juga diharapkan dapat menjadi salah satu penyokong komitmen pemerintah untuk menjadikan ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus baru pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Ma’ruf dalam acara Opening Ceremony BSI International Expo 2024, Kamis (20/6).


Wakil Menteri (Wamen) BUMN Kartika Wirjoatmodjo yang turut hadir menyebut BSI selalu berpegang teguh menjadi bank syariah yang inklusif dan modern, serta melayani semua segmen nasabah dari usaha mikro, UKM, retail, hingga korporasi. Ia mengapresiasi performa BSI yang impresif meski baru menginjak usia tiga tahun. Di antaranya, BSI masuk Top 10 Global Islamic Bank dari sisi kapitalisasi pasar, setelah market cap emiten bersandi BRIS ini tembus Rp131,47 triliun pada 13 Maret 2024.

“Dengan pertumbuhan harga saham tertinggi dibandingkan bank syariah lainnya yaitu 63,8% selama year to date, BSI masuk golongan perusahaan yang aktif berkontribusi di bursa dan mendorong IHSG Indonesia,” ujar Kartika.

Dalam kesempatan ini, Direktur Utama BSI Hery Gunardi memaparkan BSI International Expo menjadi signature event sebagai wujud nyata dukungan BSI terhadap pengembangan Islamic Ecosystem  terutama segmen UMKM secara menyeluruh di Tanah Air. Acara ini sekaligus menjadi platform bagi UMKM untuk terlibat dan menjajaki pasar internasional dengan hadirnya pembeli potensial dari negara sahabat, antara lain Arab Saudi, Mesir, Pakistan, Inggris, Korea Selatan, Qatar, Jepang, dan Malaysia.

Mengusung tema “Connecting You to Halal Lifestyle Ecosystem”, pameran ini digelar BSI selama empat hari, hingga 23 Juni mendatang. Pameran ini menjadi expo internasional pertama, terbesar, dan terlengkap yang pernah dibuat oleh bank syariah di Indonesia.

“Target pengunjung sekitar 5.000 per hari, dengan total 20.000 hingga 25.000 pengunjung selama empat hari dan transaksi hingga Rp1 triliun selama empat hari. Kami berharap nantinya acara ini dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi halal lewat literasi, inklusi dan penetrasi ekonomi halal yang terjadi di BSI International Expo,” tutup Hery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal