Buka Inacraft 2022, Jokowi Ajak Masyarakat Cintai Produk Produksi Dalam Negeri



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka The 22nd Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2022 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) selama 23-27 Maret 2022

"Saya ingin menyampaikan selamat atas diselenggarakannya kembali Inacraft, Inacraft tahun 2022 yang menampilkan produk-produk kerajinan yang memiliki kualitas yang baik dari kreasi-kreasi para pengrajin kita," kata Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/3).

Selain itu, Jokowi juga mengajak masyarakat untuk dapat mencintai produk-produk produksi dalam negeri utamanya produk-produk kerajinan.


Andil masyarakat dalam menggunakan produk dalam negeri akan secara langsung ikut mendukung dan memajukan UMKM Indonesia. "Ini akan memajukan para pengrajin kita, memajukan UMKM kita," imbuhnya.

Baca Juga: Bangga Buatan Indonesia: Elsana Bekti Nugroho merancang fesyen cetakan alami

Jokowi  hadir didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (Asephi), Muchsin Ridjan, mengatakan bahwa Inacraft 2022 diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terlebih setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

Inacraft 2022 diselenggarakan secara daring dan luring dengan mengambil tema "From Smart Village to Global Market".

Pameran ini diikuti oleh 722 peserta yang terdiri atas 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta 150 toko daring. Pameran ini akan diselenggarakan pada 23-27 Maret 2022.

Baca Juga: Usung manik-manik khas Kalimantan, mitra binaan Pertamina ini mulai go international

"Kita melaksanakan pameran hybrid baik online maupun biasa, offline. Jadi kegiatan ini membangkitkan ekonomi nasional lagi bagaimana tahun-tahun yang lalu kita sudah lakukan 21 kali dan ini ke-22. Perbedaannya kalau dulu hanya offline sekarang online. Kita dengan marketplace, ASEPHI memiliki marketplace. Kita juga bekerja sama dengan Tokopedia," paparnya.

Pada gelaran Inacraft tahun ini, Provinsi Jawa Barat terpilih menjadi ikon pameran dengan menampilkan produk-produk kerajinan unggulan dan kreatif sekaligus mengangkat kesenian dan kebudayaan lokal Jawa Barat dengan tema "Smiling Heritage of West Java".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli