Bukan Apple, tapi Xiaomi yang cetak rekor dunia



Di saat Samsung dan Apple bersaing sengit, Xiaomi diam-diam mencuat sebagai bintang panggung. Kamis kemaren, produsen ponsel pintar murah asal China ini mengumumkan, dia tercatat dalam Guinness Book World Record sebagai penjual ponsel terbanyak di dunia melalui online dalam periode 24 jam.

Rabu lalu (8/4), dalam 12 jam saja, Xiaomi telah menjual 2,11 juta handsets melalui ajang pemasaran online bertajuk “Mi Fan Festival”.  Dari penjualan ponsel benyak itu, Xiaomi mengantongi penjualan senilai 2,08 miliar yuan  atau US$ 335 juta (sekitar Rp 4,3 triliun)

Mi Fan Festival  adalah ajang promosi tahunan yang diselenggarakan di sekitar waktu ulang tahun Xiaomi. Pada ajang serupa tahun lalu, Xiaomi berhasil menjual 1,3 unit ponsel.


Masuk dalam Guinness Book of World Records adalah gebrakan terakhir dari perusahaan yang baru berusia 5 tahun ini.

Akhir tahun lalu, Xiaomi unjuk gigi sebagai kekuatan baru di  industri ponsel dunia dengan menyalip Lenovo dan LG. Berdasar data IDC, tahun lalu Xiamo menduduki posisi ketiga produsen ponsel terbesar di dunia di bawah Samsung dan Apple.

Jagoan baru dari Negeri Tembok Besar ini menjual lebih dari 61 juta ponsel pintar di  2014, meningkat 18,7% dibanding penjualannya di 2013. Tahun ini, Xiaomi diperkirakan bisa menjual 100 juta handset.

Sukses Xiaomi ditopang oleh penjualannya di dalam negeri China. Sebagai pemain nomor satu di negaranya, Xiaomi menjual 90% ponselnya di negara berpenduduk terbanyak di dunia tersebut.

Kini, Xiaomi gencar meluaskan pasarnya ke luar China. Salah satunya, dengan masuk ke negara kunci di emerging market yang penduduknya juga sangat banyak, yakni India, dan tentu saja Indonesia.

Editor: Mesti Sinaga