Bukan Saham atau Kripto, Ini 1 Investasi Terbaik Menurut Warren Buffett



KONTAN.CO.ID - Warren Buffett mengetahui banyak hal tentang investasi. Sejumlah nasehat investasi Warren Buffett yang terkenal antara lain: berinvestasi hanya pada bisnis yang Anda pahami; fokus pada nilai jangka panjang, bukan harga saham jangka pendek; jika Anda membeli dengan niat untuk hold atau ditahan, jangan membeli sama sekali.

Kita mungkin juga mengetahui bahwa pendekatan tersebut telah membuatnya menjadi sangat kaya. Saat ini, mengutip Forbes, nilai kekayaan Warren Buffett mencapai US$ 136,1 miliar. 

Namun bukan berarti Warren Buffett merasa berinvestasi pada saham, atau bahkan bisnis, adalah investasi terbaik yang dapat dilakukan. 

Lantas, apa investasi terbaik menurut Warren Buffett?


"Secara umum, berinvestasi pada diri sendiri adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan. Apa pun yang meningkatkan bakat Anda; tidak ada yang bisa mengenakan pajak atau mengambilnya dari Anda. Mereka dapat menyebabkan defisit yang sangat besar dan nilai dolar menjadi jauh lebih rendah. Namun jika Anda sendiri memiliki bakat, dan Anda telah memaksimalkan bakat Anda, Anda memiliki aset luar biasa yang dapat menghasilkan keuntungan 10 kali lipat," jelas Warren Buffett seperti yang dilansir dari Inc.com.

Poin yang ingin disampaikan Warren Buffett adalah meskipun Anda tidak memiliki bakat atau keterampilan atau mungkin tidak memiliki pengalaman tersebut, cobalah untuk meningkatkan kemampuan diri Anda dari sekarang.

Baca Juga: Warren Buffett Tahu Investasi Itu Layak atau Tidak dalam 5 Menit, Ini Strateginya

Menurutnya, kita semua punya waktu untuk berinvestasi pada diri kita sendiri, untuk membangun koneksi kita, dan untuk mendapatkan pengalaman. Dan tidak seperti investasi, keterampilan tidak mengalami penurunan nilai. Inflasi juga tidak mengurangi nilainya.

Lebih penting lagi, keterampilan biasanya membuahkan hasil 10 kali lipat.

Ada salah contoh sederhana yang bisa ditiru. Jika Anda memiliki properti perumahan dan ingin merenovasinya, pelajari cara memasang lantai kayu sendiri. 

Tentu, butuh waktu untuk belajar. Kita sudah pasti juga membutuhkan waktu untuk melakukannya. Namun dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat mengenakan biaya sewa yang sedikit lebih mahal.

Itu adalah keterampilan yang kita miliki, yang dapat kita manfaatkan sepanjang sisa hidup kita.

Anda mungkin tidak menyukai renovasi rumah. Namun ada hal-hal yang Anda bayar kepada orang lain untuk dilakukan yang dapat Anda pelajari sendiri. 

Baca Juga: Warren Buffett Perkenalkan Aturan 50 Tahun, Cek Pemikiran Keren Lainnya

Jika Anda adalah pemilik usaha kecil, Anda harus memiliki keterampilan pembukuan, pemasaran media sosial, perencanaan dan pemenuhan logistik. 

Jika Anda pemilik rumah sewa, sebaiknya Anda menguasai perbaikan dasar kelistrikan atau pipa ledeng.

Kebanyakan orang mencoba belajar menjadi investor (finansial) yang lebih baik, dan itu bagus.

Namun pastikan Anda meluangkan sebagian waktu untuk memutuskan keterampilan mana yang harus Anda investasikan.

Itu adalah investasi terbaik yang dapat Anda lakukan karena pengembaliannya terjamin.

Seperti yang dikatakan Buffett, berinvestasi pada diri sendiri akan menghasilkan hasil jangka panjang yang lebih baik dibandingkan investasi lain yang dapat Anda lakukan, karena itulah satu-satunya hasil investasi yang hampir dapat Anda kendalikan sepenuhnya. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie