Bukan Shopee, inilah e-commerce dengan pengunjung paling banyak pada kuartal 2 2021



KONTAN.CO.ID - Jakarta. Persaingan marketplace / e-commerce di Indonesia semakin ketat. Kini, ada pergantian marketplace / e-commerce dengan pengunjung paling banyak. 

Shopee bukan lagi menjadi marketplace / e-commerce dengan pengunjung paling banyak pada kuartal kedua tahun 2021. Kini, marketplace / e-commerce di Indonesia dengan pengunjung paling banyak pada kuartal kedua tahun 2021 adalah Tokopedia.

Berdasarkan data yang dihimpun iPrice, pada kuartal II (Q2) 2021 Tokopedia adalah e-commerce yang mendapatkan pengunjung atau visitor web bulanan paling banyak di Indonesia. Total pengunjung Tokopedia mencapai 147.790.000 rata-rata bulanan.


Jumlah itu mengalahkan Shopee yang kini duduk di peringkat kedua e-commerce dengan pengunjung paling banyak pada kuartal kedua 2021. Jumlah pengunjung Shopee sebanyak 126.996.700 pengunjung.

Ini merupakan yang pertama Tokopedia menjadi e-commerce dengan pengunjung paling banyak di Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Sejak kuartal keempat tahun 2019, Shopee menjadi e-commerce atau marketplace dengan pengunjung terbanyak, mencapai 2.973.300 per bulan. Tokopedia pada saat itu berada di peringkat kedua sebagai marketplace / e-commerce dengan pengunjung paling banyak sebanyak 67.900.000 per bulan bulan.

Baca juga: Analis rekomendasi beli saham BUKA, EMTK, MTDL, ini alasannya

Berikut ini 10 marketplace / e-commerce dengan pengunjung web bulanan paling banyak:

  1. Tokopedia: 147.790.000 
  2. Shopee: 126.996.700
  3. Bukalapak: 29.460.000
  4. Lazada: 27.670.000
  5. Blibli: 18.440.000
  6. Bhinneka: 6.996.700
  7. Orami: 6.260.000
  8. Ralali: 5.123.300
  9. JD ID: 3.763.300
  10. Zalora: 3.366.700.
iPrice Group adalah situs meta-search yang beroperasi di Indonesia dan enam negara lain di Asia Tenggara, yakni; Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam dan Hong Kong. iPrice bermitra dengan sejumlah brand terbesar di kawasan ini, seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, Zalora, Gojek, Traveloka, Klook dan banyak lagi. Secara berkala, iPrice Group juga merilis laporan mendalam mengenai e-commerce, startup dan topik terkait lainnya.

Mengenai peringkat pengunjung marketplace, iPrice menggunakan cara sebagai berikut

  • Visitor Per Bulan
Rata-rata pengunjung website. Sumber: SimilarWeb

  • Ranking Aplikasi
Rata-rata ranking aplikasi shopping (Sumber App Annie)

  • Followers Media sosial
Sumber: Facebook, Instagram, Twitter

Jumlah pengikut facebook didapatkan dari laman setiap negara kecuali untuk pemain besar regional dimana jumlah pengikut setiap negara tidak tersedia secara umum.

  • Jumlah karyawan
Sumber: Linkedin. Jika di data tertera (n/a), berarti tidak ada informasi mengenai perusahaan di LinkedIn.

  • Daftar Toko Online
iPrice mengambil daftar pemain e-commerce dari website resmi iDEA (Indonesian E-commerce Associaton. Peta E-commerce Indonesia ini tidak melibatkan e-commerce dengan kategori Travel/Tiket, Penyewaan, Asuransi, Investasi, Pengantar Makanan, Kupon & Diskon, serta classified ads. iPrice juga hanya memasukan e-commerce yang memiliki jumlah minimal 100.000 pengunjung bulanan atau minimal 100.000 pengikut di akun media sosialnya.

Itulah daftar peringkat e-commerce dengan jumlah pengunjung paling banyak di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2021. Kamu suka belanja online dimana?

Selanjutnya: Oktober, akses sertifikat vaksin Covid-19 di PeduliLindungi bisa dari 11 aplikasi ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto