Bulan Inklusi Keuangan 2023, Jalin Perluas Literasi Keuangan Hingga ke Pesisir



KONTAN.CO.ID - PT Jalin Pembayaran Nusantara (“Jalin”) bagian dari Holding Danareksa terus mendukung upaya Pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan nasional. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan target peningkatan literasi keuangan hingga melebihi 50% pada akhir tahun 2023.

Meninjau data dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh OJK setiap tiga tahun, angka indeks literasi keuangan nasional pada tahun 2022 mencapai 49,68%, menunjukkan peningkatan sebesar 9,11% dibandingkan dengan tahun 2019 yang sebelumnya mencapai 38,03%.

Dukungan yang diberikan oleh Jalin dalam meningkatkan literasi keuangan menjadi nyata melalui penyelenggaraan sosialisasi mengenai dasar-dasar layanan perbankan kepada masyarakat di pesisir Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis (19/10). Acara ini juga merupakan langkah penting dalam merayakan Bulan Inklusi Keuangan 2023 yang berlangsung sepanjang bulan Oktober.


Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji mengapresiasi fokus OJK dalam prioritas literasi keuangan tahun 2023 yang menyasar pelajar/ santri, UMKM, penyandang disabilitas dan masyarakat daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

"Sebagai perusahaan sistem pembayaran terdepan, literasi keuangan menjadi kunci penting untuk mendukung inklusi keuangan secara nasional. Dalam konteks pertumbuhan masyarakat yang terus meningkat dan permintaan akan transaksi keuangan yang semakin tinggi, peningkatan literasi keuangan hingga ke wilayah pesisir sangat penting untuk menciptakan akses keuangan yang merata," ungkap Ario.

Terkait dengan acara ini, Jalin juga bekerja sama dengan BAZNAS untuk menyediakan pelayanan kesehatan gratis, bantuan sembako, dan obat-obatan kepada masyarakat di pesisir Pantai Bahagia. Kolaborasi ini juga menandai awal rangkaian perayaan HUT ke-7 Jalin yang jatuh pada 03 November 2023 mendatang.

Sementara itu, Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, MA., mengatakan, pendistribusian bantuan serta pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat merupakan bagian dari program BAZNAS untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama keluarga rentan.

"Kemitraan BAZNAS dan Jalin telah terjalin dengan baik dan sejalan dengan fokus BAZNAS dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan langsung maupun kesehatan gratis yang akan terus ditingkatkan," ujar Saidah dalam keterangannya, Kamis (19/10/2023).

"Mewakili keluarga besar Jalin, saya ingin menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terus berkolaborasi dan mendukung Jalin dalam menciptakan ekosistem keuangan yang semakin baik. Kami berharap bahwa acara ini, beserta kegiatan positifnya, akan memberikan arti yang lebih dalam pada tahun ketujuh keberadaan Jalin, dengan harapan dapat memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat," tutup Ario.

Tentang PT Jalin Pembayaran Nusantara

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) merupakan perusahaan berbasis teknologi layanan keuangan yang mengelola integrasi jaringan ATM BUMN terbesar dan tersebar di seluruh Indonesia melalui ATM Link. Jalin didirikan pada tahun 2016 atas inisiatif bersama Kementerian BUMN, Himbara (Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN) serta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Pada tahun 2019, kepemilikan saham mayoritas Jalin beralih kepada PT Danareksa (Persero).

Saat ini Jalin telah tercatat memiliki 42 member yang berasal dari industri perbankan dan fintech di tanah air. Jalin juga tergabung di dalam anggota Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sekaligus sebagai salah satu pemegang saham PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PT PTEN) yang berperan sebagai Lembaga Services bagi GPN.

Baca Juga: Jalin Pembayaran Dorong Transformasi Digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti