Bulog Mulai Salurkan Bantuan Pangan Tahap III



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulog mulai menyalurkan bantuan pangan beras tahap III kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi mengatakan, 22 juta KPM ini merupakan masyarakat rentan. Adapun setiap KPM akan mendapatkan beras sebanyak 10 kg per dua bulan ke depan. 

"Dengan bantuan pangan ini masyarakat rentan tidak perlu membeli beras karena akan dicukupi pemerintah 10 kg per 2 bulan," kata Bayu dalam keteranganya, Jum'at (2/8). 


Baca Juga: Bulog Serap 770.000 Ton Beras Hingga Juli 2024

Bantuan pangan sudah dimulai di provinsi-provinsi yang daerahnya telah melewau proses verifikasi dan validasi data penerima. 

Saat ini terdapat 9 provinsi yang data penerimanya telah terverifikasi, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, DIY, Maluku, DKI Jakarta, Sulawesu Tenggara, Kalimantan Tengah dan Riau. 

"Provinsi-provinsi lainya akan segera menyusul mendapatkan bantuan pangan dalam satu dua hari kedepan," tambah Bayu 

Diketahui, bantuan pangan tahap III ini akan dilakukan selama tiga bulan yakni Januari, Oktober dan Desember. 

Baca Juga: Bulog Sudah Impor 2,5 Juta Ton Beras, Didominasi dari Thailand dan Vietnam

Kementerian Keuangan sendiri telah menambah anggaran sebesar Rp 11 triliun untuk memenuhi program bantuan sosial (bansos) beras serta daging ayam dan telur hingga akhir tahun ini. 

"Alokasi bantuan beras dan bantuan daging ayam dan telur yang akan diperpanjang 3 bulan yaitu pada Agustus, Oktober dan Desember. Untuk  pembayarannya ini akan menambah biaya Rp 11 triliun," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, Senin (8/7). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto