Bumi Resources Minerals (BRMS) Garap Tambang Tembaga di Gorontalo



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) melalui anak usahanya, PT Gorontalo Minerals tengah menggarap proyek tambang tembaga di Gorontalo, Sulawesi. BRMS berharap dengan proyek ini akan menambah jumlah cadangan dan sumber daya mineral perusahaan.

Direktur & Chief Investor Relations Officer PT Bumi Resources Minerals Tbk Herwin Hidayat mengatakan, untuk jangka menengah dan panjang, BRMS mengoperasikan proyek tambang tembaga di Gorontalo, Sulawesi melalui anak usaha, PT Gorontalo Minerals.

"Saat ini jumlah mineral resource yang ada sekitar 400 juta ton bijih dan mineral reserve-nya sekitar 105 juta ton bijih. Adapun rata-rata kadar tembaganya sekitar 0,5 - 0,7%," kata Herwin kepada Kontan, pekan lalu.


Baca Juga: Bumi Resources Minerals (BRMS) Optimistis Produksi Emas Capai 50.000 Ons Troi

Saat ini, lanjut Herwin, BRMS juga tengah melakukan kegiatan eksplorasi lanjutan, termasuk program pemboran untuk menemukan prospek-prospek baru di area lokasi penambangan perusahaan.

"Harapannya, kegiatan eksplorasi dan pemboran kami dapat menambah jumlah cadangan dan sumber daya mineral yang ada dengan kadar tembaga yang cukup baik," jelasnya.

Sebelumnya, Indonesia Mining Association (IMA) mengungkapkan ada 2-3 tambang tembaga besar yang akan beroperasi dalam lima tahun ke depan. Tiga tambang besar ini akan dioperasikan oleh

Ketua IMA Rachmat Makkasau mengatakan tiga tambang tembaga tersebut akan meningkatkan pangsa di pasar tembang dunia menjadi 10% dari saat ini yang berada di kisaran 3%-5%.

Baca Juga: Begini Rekomendasi Saham Emiten Grup Bakrie di Tengah Program Presiden Prabowo

"Saat ini Indonesia kalau tidak salah sekitar 3% sampai 5% share untuk tembaga dunia, tetapi kita masih ada beberapa tambang besar yang mungkin akan operasi dalam 5 tahun ke depan dengan potensi produksi dari tambahan 2—3 tambang yang nanti akan beroperasi,” kata Rachmat di Jakarta, Selasa (8/10).

Rachmat menuturkan potensi penambahan 2—3 tambang tembaga baru ini berada di wilayah dengan cadangan tembaga besar telah berada tahap eksplorasi akhir di antaranya Tujuh Bukit di Banyuwangi, di Sumbawa milik Sumbawa Timur Mining, dan di Sulawesi milik Gorontalo Minerals.

“Mereka belum beroperasi, tetapi mereka sedang dalam tahap final stage untuk masuk ke tahapan eksplorasi,” tutur Rachmat. 

Selanjutnya: Investor Ritel India Menyambut IPO Hyundai Motor dengan Skeptis!

Menarik Dibaca: 40 Twibbon Hari Santri 2024 yang Terbaru dan Desain Menarik untuk Jadi Foto Profil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi