Bupati Indramayu kena OTT, KPK amankan uang ratusan juta



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan uang senilai ratusan juta rupiah dalam operasi tangkap tangan terhadap Bupati Indramayu Supendi pada Senin (14/10) malam kemarin. OTT dilakukan KPK di Indramayu, Jawa Barat.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, uang tersebut diduga berkaitan dengan proyek Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Kabupaten Indramayu.

Baca Juga: Ada delapan orang yang diamankan KPK dalam OTT Bupati Indramayu

"Ada dugaan transaksi terkait proyek di Dinas PU. Uang sekitar seratusan juta, sedang dihitung," kata Febri saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (15/10).

Febri menuturkan, ada delapan orang yang diamankan dalam OTT tersebut. Delapan orang itu terdiri dari Bupati Indramayu, ajudan bupati, pegawai, rekanan, Kepala Dinas PU Indramayu, serta pejabat Dinas PU Indramayu lainnya.

"Total yang diamankan di lokasi delapan orang, lima di antaranya sudah sampai ke gedung KPK sekitar pukul 02.00 dini hari," ujar Febri.

Baca Juga: Kembali lakukan OTT, kali ini KPK tangkap bupati Indramayu

Sesuai dengan hukum acara yang berlaku, KPK diberikan waktu paling lama 24 jam untuk menentukan status hukum perkara ini dan status hukum pihak-pihak yang diamankan.

Informasi terkait perkara yang menjerat Supendi akan disampaikan lewat konferensi pers yang waktunya belum ditentukan KPK. (Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPK Amankan Uang Ratusan Juta dalam OTT Bupati Indramayu",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto