Bursa Asia Bergerak Naik Senin (21/3) Pagi, Menanti Rilis Suku Bunga China



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa saham Asia-Pasifik bergerak naik pada perdagangan Senin (21/3) pagi. Investor menantikan rilis suku bunga pinjaman acuan terbaru China dan harga minyak juga melonjak lebih dari 2%.

Indeks S&P/ASX 200 naik 0,41%, dengan saham Macquarie Group dan Wesfarmers masing-masing naik lebih dari 1%.

Indeks Kospi Korea Selatan melayang sedikit lebih tinggi. Pasar saham Jepang tutup pada hari Senin ini untuk liburan.


Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang diperdagangkan 0,04% lebih rendah.

Harga minyak lebih tinggi pagi hari pada jam perdagangan Asia. Dengan harga minyak Brent naik 2,16% menjadi US$ 110,26 per barel. Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 2,4% menjadi US$ 107,21 per barel.

Baca Juga: Cara Membeli IPO Saham GOTO, Hari Ini (21/3) Terakhir Penawaran Awal

Suku bunga utama pinjaman satu tahun China terbaru akan diumumkan pada pukul 09:15 HK/SIN pada hari Senin, dengan sedikit harapan untuk perubahan, menurut survei Reuters.

Investor di Asia juga akan memantau pergerakan pasar Hong Kong, dengan indeks acuan Hang Seng berakhir naik lebih dari 4% pada minggu lalu setelah melewati pekan yang bergejolak.

Sementara itu, indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di level 98,303 — turun dari level di atas 98,5 yang terlihat baru-baru ini.

Yen Jepang diperdagangkan pada 119,25 per dolar setelah melemahnya minggu lalu dari level di bawah 118,2 terhadap greenback. Dolar Australia berpindah tangan pada $0,7409, dibandingkan dengan level di bawah $0,721 yang terlihat minggu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto