Bursa Asia berpotensi menguat pasca libur imlek



JAKARTA. Beberapa bursa di kawasan Asia, kemarin, libur perayaan Tahun Baru China atau Imlek. Akibatnya, indeks beberapa bursa yang masih membuka perdagangan, cenderung bergerak melemah karena nilai transaksi menciut.

Bursa India Sensex, misalnya, melemah 0,12% menjadi 19.460,5. Bursa Thailand pun melemah 0,55% ke 1.489,11. Hanya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saja yang masih menguat 0,27% ke 4.503,25.

Kepala Riset Trust Capital Reza Priyambada mengatakan, biasanya pasca libur perayaan Imlek, akan ada sentimen positif, sehingga bursa Asia bisa kembali menguat.


Analis Henan Puhtirai Assets Management, Felix Shindunata menimpali, pergerakan bursa Asia, hari ini, akan dipengaruhi hasil pertemuan para Menteri Keuangan Uni Eropa di Brussels, Belgia yang membahas bantuan keuangan Yunani dan Siprus.

Felix memperkirakan, pertemuan itu akan berefek positif bagi pergerakan indeks bursa Asia. Tapi, kondisi ekonomi global yang masih belum stabil akan membuat bursa Asia bergerak mendatar cenderung menguat. Menurut Reza, bursa Asia akan cenderung menguat didukung dengan rilis data ekonomi beberapa negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Avanty Nurdiana