Bursa Asia konsolidasi tanpa faktor dominan



TOKYO. Bursa di Asia cenderung konsolidasi pada perdagangan Jumat pagi (17/3). Setelah pengumuman bunga oleh bank sentral AS dan beberapa negara di Asia, tak ada faktor signifikan penggerak pasar hari ini. 

Indeks Nikkei 225 di Jepang turun 0,36% pada pagi ini. Sementara ASX 200 di Australia bertambah 0,2%, terdorong oleh saham-saham berbasis emas. Di Korea Selatan, Indeks Kospi bergerak flat. 

Bank sentral Jepang (BOJ) kemarin memutuskan menahan suku bunga acuan di level minus 0,1%. Selain itu, BOJ juga mempertahankan nilai pembelian aset sebesar ¥ 80 triliun atau US$ 700 miliar secara tahunan. BOJ mengklaim, tren perekonomian Jepang membaik secara moderat.

Hari sebelumnya, bank sentral AS The Fed memilih menaikkan bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 0,75%-1%, ditopang keyakinan perekonomian AS terus membaik. 

Dengan kenaikan bunga AS, dollar AS melemah terhadap yen. Hari ini, yen melemah tipis dan diperdagangkan ¥ 113,37 per dollar AS, namun masih lebih kuat dibanding awal pekan yang di level 114. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia