Bursa Asia mayoritas berseri, data ekonomi terbaru China positif



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa saham Asia-Pasifik mayoritas menghijau pada perdagangan Selasa (15/9) pagi. Pasar mencermati data ekonomi terbaru China periode Agustus.

Melansir CNBC, bursa saham China naik tipis dengan Shanghai Composite di atas garis datar dan Shenzhen Component naik 0,23%.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,47%. Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,48%.

Di Australia, S & P / ASX 200 sedikit lebih tinggi. Reserve Bank of Australia pada hari Selasa merilis risalah dari pertemuan September, di mana anggota mencatat bahwa "penurunan tidak separah yang diharapkan sebelumnya dan pemulihan sedang berlangsung di sebagian besar Australia."

Setelah rilis risalah tersebut, dolar Australia diperdagangkan pada $ 0,7307, dibandingkan dengan terendah sebelumnya di $ 0,7265.

Saham Jepang tertinggal, indeks Nikkei 225 tergelincir 0,56% dan indeks Topix turun 0,68%.

Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia di luar Jepang diperdagangkan 0,38% lebih tinggi.

Baca Juga: Bergerak liar, IHSG terkoreksi 0,31% pada awal perdagangan Selasa (15/9)

Penjualan ritel China

Penjualan ritel China naik 0,5% pada Agustus dari tahun lalu - laporan positif pertama untuk tahun ini sejauh ini - menurut Biro Statistik Nasional negara itu.

Namun, penjualan ritel selama delapan bulan pertama tahun ini turun 8,6% dari tahun lalu, kata biro tersebut.

Sementara itu, produksi industri di negara itu tumbuh 5,6% pada Agustus dari tahun lalu, sementara investasi aset tetap turun 0,3% selama delapan bulan pertama tahun ini.

Yuan China di darat menguat menjadi 6,7918 per dolar setelah rilis data tersebut, dibandingkan dengan terendah sebelumnya di 6,808 terhadap greenback.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto