Bursa Asia melemah, terseret penurunan Wall Street



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Asia dibuka bervariasi dengan mayoritas indeks melemah pada awal perdagangan Rabu (5/5), terseret pelemahan Wall Street. 

Pukul 08.20 WIB, indeks ASX 200 naik 46,95 poin atau 0,66% ke 7.114,30, Straits Times turun 34,41 poin atau 1,08% ke 3/144,86 dan FTSE Malaysia turun 1,36 poin atau 0,09% ke 1.586,89.

Meski begitu, bursa saham Jepang dan  China yang masih libur membatasi reaksi pelemahan bursa Asia.

Di Wall Street, Nasdaq melorot 1,9% pada akhir perdagangan Selasa karena beberapa saham teknologi besar mengalami aksi ambil untung, termasuk Microsoft Corp, Alphabet Inc, Apple Inc dan Amazon.com Inc.

Valuasi yang diperpanjang diuji ketika Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan kenaikan suku bunga mungkin diperlukan untuk menghentikan ekonomi yang terlalu panas.

Baca Juga: Masih relevankah ungkapan populer di pasar saham sell in May and go away?

Dia kemudian membangunkan kembali komentar tersebut, tetapi itu mengingatkan investor bahwa suku bunga harus naik di beberapa titik di masa depan.

"Inflasi moderat dan Fed yang bergerak lambat akan terus mendukung, tetapi inflasi dan Fed yang reaktif mungkin terbukti negatif untuk valuasi," kata Tapas Strickland, direktur ekonomi di NAB seperti dikutip Reuters.

"Bagaimanapun imbal hasil dan ekuitas kemungkinan akan berada dalam tarian yang jauh lebih baik dari perkiraan data ekonomi terus menantang pedoman suku bunga bank sentral."

Salah satu tantangan seperti itu muncul pada hari Jumat ketika data penggajian AS diperkirakan akan menunjukkan kenaikan yang lumayan sebesar 978.000, sementara beberapa perkiraan mencapai 2,1 juta.

Sejauh ini, Ketua Federal Reserve Jerome Powell berpendapat pasar tenaga kerja masih jauh dari kebutuhan untuk mulai berbicara tentang pengurangan pembelian aset.

Selanjutnya: Bursa Asia bergerak mixed di awal perdagangan Selasa (4/5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi