Bursa Asia melompat, Bank Sentra Australia pangkas suku bunga



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa saham Asia-Pasifik bergerak lebih tinggi pada perdagangan Selasa (3/11), Bank Sentral Australia menurunkan target suku bunganya.

Melansir CNBC, indeks Hang Seng Hong Kong melonjak sekitar 2% dalam perdagangan pagi. Saham China Daratan juga lebih tinggi, dengan Shanghai Composite naik 1,13% dan Shenzhen Component bertambah 0,897%.

Indeks Kospi Korea Selatan juga bertambah 1,7%. Di Australia, indeks S & P / ASX 200 naik lebih dari 2%.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang diperdagangkan naik 1,12%. Pasar Jepang tutup untuk hari libur pada hari Selasa.

Pergerakan pasar Asia-Pasifik terjadi karena Reserve Bank of Australia (RBA) menurunkan target suku bunga menjadi 0,1%.

Baca Juga: IHSG melaju 0,55% di awal perdagangan Selasa (3/11), mengekor bursa Asia

Setelah pengumuman RBA, dolar Australia berpindah tangan pada US$ 0,7038, dibandingkan dengan tertinggi sebelumnya di $ 0,7062.

"Nilai tukar sekarang benar-benar mendekati negatif," kata Paul Bloxham, kepala ekonom untuk Australia, Selandia Baru dan komoditas global di HSBC, kepada CNBC's "Street Signs Asia" beberapa saat setelah keputusan bank sentral diumumkan.

"Sejauh ini nilai tunai turun tanpa menjadi negatif," kata Bloxham, mengutip komentar publik sebelumnya dari gubernur Reserve Bank bahwa suku bunga negatif "sangat tidak mungkin."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto