Bursa Asia Merah Menyala!



JAKARTA. Gagalnya rencana bailout industri otomotif Amerika Serikat menggemparkan pergerakan indeks regional hari ini. Kondisi serupa juga dialami Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Pada break pertama, indeks ditutup dengan kemelorotan 4,12% atau 52,93 poin menjadi 1.263,764.

Di kawasan regional, indeks juga berkubang di zona negatif. Indeks Nikkei 226 mengalami penurunan 6,53% menjadi 8.166,56. Penurunan indeks acuan Jepang ini dipicu oleh saham-saham otomotif ternama dunia. Misalnya saja, Honda Motor Co dan Nissan Motor Co terjun bebas lebih dari 12% di Tokyo.

Di China, CSI 300 Index melorot 2,2% setelah pemerintahan Negeri Panda itu menyatakan pertumbuhan China akan terus mengalami perlambatan seiring dengan penurunan penjualan yang terendah dalam sembilan bulan terakhir. Di negara ini, China Mobile Ltd memimpin kemerosotan dengan penurunan 7,1%.


Indeks Kospi juga bernasib serupa, dengan kemerosotan 5,2%. Penurunan indeks dipimpin oleh KB Financial Group Inc, setelah Bank of Korea merilis pernyataan perekonomian Negeri Ginseng akan bergerak lambat dan merupakan yang terparah sejak 11 tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Didi Rhoseno Ardi