Bursa Asia Mulai Unjuk Gigi



SYDNEY. Setelah mengalami kemerosotan selama lima hari terakhir, saham-saham Asia akhirnya berhasil berenang di zona hijau. Kenaikan di pagi ini dipimpin oleh saham-saham otomotif dan tambang. Melemahnya yen dan naiknya harga komoditas menjadi pemicunya.

Beberapa emiten yang harga sahamnya mengalami kenaikan antara lain Toyota Motor Corp sebesar 3,2%, setelah keoknya yen menaikkan nilai penjualan mobil di luar negeri. Selain itu, ada juga BHP Billiton Ltd yang melonjak 2% setelah harga tembaga dan minyak mengalami kenaikan. Kondisi serupa juga dialami WorleyParsons Ltd yang sahamnya meroket 8,2%.

“Saat ini, melemahnya yen membuat para pebisnis Jepang senang. Hal ini akan membantu mengurangi tekanan terhadap pendapatannya,” jelas Hiroichi Nishi, Equities Manager Nikko Cordial Securities Inc.


Alhasil, kenaikan tersebut membuat indeks Asia tersenyum. Pada pukul 10.20 waktu Tokyo, MSCI Asia Pacific Index mengalami kenaikan 1,3% menjadi 75,28. Sementara, indeks Nikkei melesat 1,4% menjadi 7.370,05. Sedangkan indeks Kospi naik 1,5%.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie