Bursa Asia Mulai Unjuk Gigi Lagi



SHANGHAI. Saham-saham Asia kembali mengalami peningkatan pada pagi ini. Ada beberapa pemicu yang menyebabkan sejumlah indeks saham acuan regional terdongkrak. Beberapa diantaranya yakni adanya kenaikan saham-saham perusahaan finansial setelah bank sentral menetapkan kebijakan untuk mengerem laju perlambatan perekonomian dan semakin meningkatnya jumlah aplikasi untuk mengajukan kredit perumahan di Amerika Serikat (AS) yang mencapai rekor tertingginya.

Pada pukul 09.23 waktu Tokyo, MSCI Asia Pacific Index naik 0,5% menjadi 80,28. Sekitar sepuluh kelompok industri mengalami kenaikan pada pagi ini, dengan kontribusi terbesar datang dari sektor finansial.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 juga mengalami kenaikan sebesar 1% menjadi 8.082,94. Indeks acuan Selandia Baru NZX 50 Index juga mengalami penambahan 0,6% setelah bank sentral Selandia Baru memotong suku bunga acuannya sebesar 1,5% menjadi 5% sekaligus  memberikan sinyal akan melakukan pemangkasan lagi ke depannya.


Indeks acuan Korea Selatan, Kospi juga naik 1,6%. Ini merupakan kenaikan pertama yang dialami Kospi selama empat hari terakhir.

Berikut adalah beberapa emiten yang pagi ini mengalami kenaikan signifikan di negaranya masing-masing. Di Jepang, Shinhan Financial Group Co dan KB Financial Group Inc mengalami lonjakan lebih dari 2%. Selain itu, di Australia, Babcock & Brown Ltd juga mengalami peningkatan dua kali lipat setelah mendapat pinjaman bank, penjualan aset dan pemangkasan biaya operasional.Di bursa global, James Hardie Industries NV yang merupakan perusahaan penyalur kredit terbesar AS juga meroket 4,4% setelah mendapatkan peningkatan pengajuan aplikasi kredit rumah yang naik dua kali lipat pada minggu lalu. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie