Bursa Asia reli sambut penyelamatan Yunani



TOKYO. Bursa Asia menanjak di hari yang kelimah. Ini merupakan reli terpanjang sejak September.  Bursama bursa Asia, euro menguat dan minyak naik setelah Eropa mencapai kata sepakat atas bantuan Yunani.

Indeks MSCI Asia Pasifik terangkat 0,5% pukul 11.42 waktu Tokyo. Indeks Standard&Poor’s naik 0,1% dan euro menguat 0,1% ke U$ 1,2985. Sedangkan minyak naik 0,3% ke US$ 88,01 per barel.

Indeks Nikkei 225 juga melesat 0,4% mendekati harga penutupan tertinggi sejak April. Sedangkan di Korea, indeks Kospi melompat 1% dan memimpin penguatan bursa Asia.


“Mereka melompati halangan krisis utang dan pasar mengambil nafas lega. Tapi kemelut bujet Yunani akan muncul ke permukaan beberapa kali lagi,” ujar Hitoshi Asaoka,  senior strategist Mizuho Trust & Banking Co,

Para menteri keuangan Eropa akhirnya memangkas bunga Yunani dan memperpanjang waktu pembayaran utang. Namun, usulan untuk meringankan utang Yunani ditolak.

Di China, laba perusahaan-perusahaan di sektor industri tumbuh 20,5% Oktober lalu. Padahal bulan sebelumnya laba mereka cuma tumbuh 7,8%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: