Bursa Asia sumringah merespons laju minyak



TOKYO. Bursa Asia sumringah menyambut lonjakan harga minyak mentah.

Indeks Nikkei 225 dan S&P/ASX 200 dibuka menguat masing-masing 0,69% dan 0,92% pada Rabu (26/7) pagi. Indeks Kospi Korea Selatan juga naik 0,10%.

Pasar saham Asia merespons positif laju harga minyak serta penguatan bursa Wall Street, Selasa. 

Nikkei juga didukung laju saham produsen mobil Jepang, terutama Mitsubishi Motors usai merilis kinerja yang melampaui ekspektasi.

Sedangkan, bursa Australia, ASX 200 mendapat sokongan saham sektor energi dan materail yang masing-masing naik 2,45% dan 2,04%.

Di pasar Asia, harga minyak dunia memperpanjang kenaikan setelah melonjak lebih dari 3% di AS, Selasa malam. Sentimen pasar didukung janji Arab Saudi yang akan memotong ekspor pada Agustus mendatang. 

Sementara, dari sisi mata uang, indeks dolar spot flat setelah rebound dari level terendah 13 bulan. Dollar spot rate diperdagangkan di 94,11 pada Rabu pukul 8.10 waktu Hong Kong. Direktur Ekonomi Australia Nasional David de Garis, seperti dilansir CNBC, mencatat, pemulihan dollar AS menyusul rilis data tingkat kepercayaan konsumen AS yang lebih solid.

Pasar Asia, hari ini, akan mencermati laporan CPI Australia dan produksi industri Singapura bulan Juni. Investor juga akan mengantisipasi berakhirnya pertemuan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Rabu waktu AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini