Bursa Asia terangkat pernyataan IMF



JAKARTA. Bursa regional menguat. Ini tampak dari indeks MSCI Asia Pasifik naik 0,4% ke 139,79, Kamis (26/12) sampai pukul 15.25 waktu Tokyo. Kondisi perekonomian Amerika Serikat (AS) yang membaik membawa sentimen positif bagi bursa Asia.

Sejumlah bursa yang mengalami penguatan, di antaranya Nikkei yang naik 1,03% ke 16.174,44 dan Taiwan juga menguat 0,21% di 8.485,89.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengatakan, penguatan bursa regional karena investor optimistis dengan pemulihan ekonomi AS. "Dengan ekonomi AS yang membaik, timbul persepsi bahwa ekspor dari Asia akan meningkat," kata dia.


Pengamat pasar modal Stefanus P Susanto juga menilai penguatan bursa Asia karena ekonomi AS yang membaik. Apalagi ada pernyataan perbaikan ekonomi AS dari International Monetary Fund (IMF). Investor Asia merespon positif dan berhasil mengangkat bursa regional.

Reza bilang, investor akan mencermati data klaim pengangguran AS yang akan dirilis pekan ini. Jika menurun, bursa Asia bisa kembali menguat. Sedangkan dari Jepang, ada data tingkat pengangguran, tingkat inflasi dan produksi industri. Stefanus memperkirakan, bursa Asia menguat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Avanty Nurdiana