Bursa asia terjerembab



JAKARTA. Bursa Asia kompak melemah. Pasar saham utama Nikkei, Hang Seng dan Kospi menurun. Nikkei melemah paling tajam yaitu 7,32% menjadi 14.483,98. Selain itu ada Hang Seng yang turun 2,54% menjadi 22.669,68. Tak heran, MSCI Asia Pasific Index menurun 3,4% menjadi 138,59 pukul 6.28 waktu Tokyo.

Berita negatif yang menyelimuti pasar saham Asia menjadi penyebab utama. Anjloknya nilai obligasi Jepang mengakibatkan yen kembali menguat. Data negatif dari indeks PMI China pun membuat pasar melakukan aksi profit taking. Selain itu, bank sentral AS juga mengindikasikan akan mengurangi stimulus.

Analis Indo Premier Securities, M uhammad Wafi, memprediksi, bursa Asia akan bergerak mix cenderung melemah ini. Sebab, kekhawatiran melambatnya ekonomi Jepang belum akan memudar sampai hari ini.


Analis Trust Securities, Yusuf Nugraha, pun sepakat, mayoritas bursa Asia akan bergerak sideways cenderung melemah. Namun masih ada harapan dari proyeksi data pengangguran AS yang bisa positif. Estimasi data pengangguran AS akan menurun dibanding Maret. Dia memperkirakan, jika data AS benar positif kondisi bisa berbalik arah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Avanty Nurdiana