Bursa-bursa Asia mekar kecuali Singapura



TOKYO. Indeks patokan Asia menguat setelah bank sentral Turki mengeluarkan kebijakan suku bunga. Indeks MSCI Asia Pacific naik 1,5% menjadi 136,33 pada pukul 15:15 waktu Tokyo.

Saham Asia yang naik diantaranya adalah; Honda Motor Co yang mencatat kenaikan sebesar 3% setelah yen melemah terhadap dolar  Amerika Serikat (AS).  Setelah itu, saham Atlas Iron Ltd juga menguat 10% di Sydney, setelah produsen logam itu menaikkan target ekspornya.

Sementara itu saham yang turun adalah, Advantest Corp, produsen alat timbang elektronik yang melorot 4,4% di Tokyo. "Kebijakan Turki akan mempengaruhi pasar," kata Mark Lister, analis dari Craigs Investment Partners Ltd di Wellington.


Namun begitu, Ia menilai, sentimen indeks Asia masih berada di posisi negatif menjelang keputusan dari bank sentral AS terkait stimulus.

Sementara itu, kondisi bursa di Asia hari ini disokong oleh menguatnya indeks Topix Jepang yang naik 2,6%. Begitu pula dengan indeks Australia S & P/ASX 200 naik 1%. Hal serupa dialami indeks NZX 50 Selandia Baru, Indeks Hang Seng Hong Kong  dan China Shanghai Composite Index yang naik masing-masing 0,7%, 0,9% dan 0,5%.

Tak mau ketinggalan, indeks Kospi Korea Selatan juga menguat 1,3% setelah data industri nasionalnya naik 3,4% di Desember. Hal berbeda dialami oleh indeks saham Straits Times Singapura yang justru melorot 0,7% hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri