Bursa Jepang anjlok terseret operator seluler



TOKYO. Bursa saham Jepang ditutup turun, terseret oleh operator selular setelah Perdana Menteri Shinzo Abe menyerukan tarif telepon yang lebih rendah.

IndeksTopix tergelincir 1,2% ke level 1.462,41 pada penutupan perdagangan di Tokyo, berayun dari keuntungan 0,5% setelah pekan lalu mencatatkan kenaikan mingguan terbesar dalam hampir dua bulan. Volume perdagangan 29% di bawah rata-rata 30-hari. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 1,6% ke level 17.965,70. Federal Reserve dan Bank of Japan akan mengadakan pertemuan pekan ini.

Saham NTT DoCoMo Inc, KDDI Corp. dan SoftBank Group Corp tenggelam setidaknya 5,5% setelah Abe mengatakan pengurangan beban rumah tangga dari biaya ponsel merupakan masalah penting untuk di atasi. Perusahaan minyak Inpex Corp turun 5% setelah Goldman Sachs Group Inc mengatakan harga minyak bisa jatuh ke U$ 20 per barel.


Saham Kansai Electric Power Co naik 1,5% setelah utilitas memimpin kenaikan pada indeks Topix. Saham perusahaan pengiriman Kawasaki Kisen Kaisha Ltd. melonjak 1,8% setelah Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Co menaikkan peringkat investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto