Bursa Jepang bertenaga menjelang pertemuan BOJ



TOKYO. Bursa Jepang kembali bertenaga di hari kedua, Selasa (20/1). Saham produsen baja menguat seiring dengan pelemahan yen.

Indeks Topix menguat 0,3% menjadi 1.376,67 pada pukul 9:01 waktu Tokyo. Hanya empat dari 33 industri penghuni Topix yang turun.

Indeks Nikke 225 Stock Average melaju 0,4% menjadi 17.085,56. Yen pagi ini melemah 0,1% ke kisaran ¥ 117,71 per dollar AS. Bursa Amerika Serikat (AS) Senin kemarin tutup merayakan hari Martin Luther King.


Yen melemah menjelang pertemuan bank sentral Jepang (BOJ) hari ini dan besok. Analis yang dihimpun Bloomberg memperkirakan, BOJ tidak akan mengubah kebijakan stimulus saat ini. Sementara itu, spekulasi juga merebak menjelang pengumuman perluasan stimulus bank sentral Eropa (ECB) pada 22 Januari mendatang.

"Pasar AS kemarin malam tutup sehingga situasi tidak banyak berubah. Diharapkan, lebih banyak stimulus dari Eropa bisa meningkatkan kinerja saham Jepang. Saya perkirakan, Nikkei 225 bertahan di kisaran 17.000," kata Toshihiko Matsuno, Chief Strategist di SMBC Friend Securities Co di Tokyo. Kemarin, indeks Nikkei menembus level psikologis tersebut dan diperkirakan kembali terjadi hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia