Bursa Jepang dibuka jatuh di tengah penguatan yen



TOKYO. Bursa saham Jepang jatuh dipicu penguatan yen dan kembali turunnya harga minyak. Indeks Topix turun 1,1 % menjadi 1.276,57 pukul 09:53 di Tokyo, Rabu (24/2) di mana 27 dari 33 kelompok industri memerah.

Indeks Nikkei 225 Stock Average kehilangan 1,2 % menjadi 15.856,77. Sebelumnya, saham AS jatuh seiring minyak setelah Arab Saudi mengatakan kesepakatan baru untuk membekukan keluaran tidak akan menyebabkan pengurangan produksi, sementara itu Iran menyebut kesepakatan itu adalah konyol.

"Iran dan Arab Saudi menunjukkan sedikit keinginan untuk pemangkasan produksi minyak, sehingga meskipun adanya perjanjian dengan negara-negara utama untuk membekukan produksi, jelas itu saja tidak akan mendorong harga minyak kembali sampai $ 50 atau $ 60 per barel," kata Chihiro Ohta, general manager informasi investasi SMBC Nikko Securities Inc di Tokyo.

Minyak mentah turun 4,6 % di New York pada Selasa (24/2). Iran menyebutkan usulan untuk pembekuan produksi pada tingkat Januari merupakan hal yang tidak realistis. Kontrak berjangka minyak terus jatuh, tergelincir tambahan 1,5 % hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto